Stevanus, Rivaldo (2021) Pengaruh Monetary Promotion E-Wallet OVO di Media Sosial Instagram terhadap Costumer Loyalty. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kehadiran merek baru yang disertai dengan aktivitas promosi penjualan yang semakin masif menimbulkan persaingan sengit di pasar dompet elektronik Indonesia, salah satunya adalah OVO. Banyaknya merek dompet elektronik saat ini membuat masyarakat dapat dengan mudah berpindah dari satu merek ke merek lain atau menjadi tidak loyal, terlebih karena setiap merek memiliki keunggulannya masing-masing. Berhubungan dengan hal tersebut, salah satu strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah melalui promosi penjualan bertipe monetary promotions. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui keberadaan dan seberapa kekuatan pengaruh monetary promotions e-wallet OVO di media sosial Instagram terhadap customer loyalty. Konsep sales promotions, customer loyalty, dan Instagram digunakan sebagai pedoman dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivis. Terdapat metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner daring yang disebarkan kepada tiga ratus orang yang memiliki aplikasi OVO, menggunakan aplikasi OVO dalam jangka waktu tiga bulan terakhir dan mengikuti media sosial Instagram OVO. Data yang telah terkumpul diuji dan dianalisis menggunakan model regresi linear sederhana. Setelah data dikumpulkan dan diolah, terdapat hasil penelitian dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh sebesar 40,1 persen dari monetary promotions OVO di media sosial Instagram terhadap loyalitas pelanggan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari monetary promotions OVO di media sosial Instagram terhadap loyalitas pelanggan dengan kekuatan pengaruh sebesar empat puluh koma satu persen.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Dompet Elektronik, OVO, Monetary Promotions, Customer Loyalty Pengaruh Monetary Promotions E-Wallet OVO di Media Sosial Instagram Terhadap Customer Loyalty, Rivaldo Stevanus, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 03:16 |
Last Modified: | 10 May 2023 08:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19972 |
Actions (login required)
View Item |