Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia Menggunakan Metode Gamifikasi

Hosea Widjaya, Kevin (2022) Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia Menggunakan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (973kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (708kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (257kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (687kB)

Abstract

Setiap manusia adalah mahluk sosial yang dimana manusia tidak dapat hidup sendiri. Dimana manusia mempunyai kebutuhan untuk bersosialisasi. Salah satu interaksi yang dilakukan oleh manusia adalah berbicara. Dalam proses berbicara, manusia menggunakan bahasa karena itu bahasa adalah salah satu peranan yang penting dalam berkomunikasi satu sama lain akan tetapi sebagian manusia terlahir dengan berkebutuhan khusus yang dimana mereka tidak mempunyai kemampuan untuk mendengar yang biasa disebut tunarungu. Dalam berkomunikasi tunarungu mengalami kesulitan dikarenakan tidak bisa mendengar yang dimana hal tersebut mempersulit komunikasi satu sama lain. Oleh karena itu kaum tunarungu memakai bahasa isyarat untuk berkomunikasi karena sangat penting untuk mengetahui arti dari bahasa isyarat yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi mobile bahasa isyarat dimana menggunakan BISINDO(Bahasa Isyarat Indonesia) untuk dipelajari sehingga bagi pemula yang ingin belajar berkomunikasi dengan tunarungu dapat mempelajari dasar-dasar kosa kata BISINDO. Pembuatan aplikasi menggunakan Six Steps to Gamification sebagai acuan pembuatan aplikasi. Pengujian aplikasi gamifikasi dilakukan terhadap 30 orang yang umurnya bervariasi dan survey berdasarkan dengan Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM). Hasil evaluasi menyatakan bahwa pengguna akan memakai aplikasi sebesar 82,22% dan terbawa suasana 82% dengan demikian dapat disimpulkan aplikasi akan digunakan lagi oleh pengguna untuk belajar bahasa isyarat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: BISINDO, bahasa isyarat, gamifikasi, HMSAM, mobile vii PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT INDONESIA MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI , Kevin Hosea Widjaya, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 400 Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:54
Last Modified: 24 Aug 2023 06:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19979

Actions (login required)

View Item View Item