Valerian, Vanessa (2022) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention terhadap Organic Shoes: Telaah pada Produk Sepatu Organic Node. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan ke arah digital membawa banyak pengaruh pada setiap aspek kehidupan masyarakat. Ekonomi menjadi salah satu sector yang terkena dampak perkembangan digital dan belanja online mengalami peningkatan dengan industri fesyen menempati urutan pertama produk yang sering dibeli konsumen. Brand fesyen saling bersaing, salah satunya caranya dengan mengusung konsep ramah lingkungan pada produk fesyennya. Node Organic merupakan salah satu brand sepatu ramah lingkungan. Berdasarkan hasil wawancara dinyatakan bahwa minat beli konsumen terhadap sepatu organik masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention melalui man-nature orientation, subjective norms, internal perceived behavioral control, external perceived behavioral control, attitude, dan environmental knowledge. Penelitian ini menggunakan descriptive research dengan non- probabilty sampling technique (judgemental sampling) dengan terdapat kriteria yang harus dipenuhi responden penelitian. Data yang dikumpulkan dari kuesioner online diolah menggunakan software SPSS dan LISREL dan terdapat 7 hipotesis yang diuji menggunakan metode structural equation model (SEM) dengan ukuran sampel penelitian adalah 152 respoden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Atttitude towards purchasing organic shoes tidak dipengaruhi oleh man-nature orientation tetapi dipengaruhi oleh environmental knowledge. Kemudian, purchase intention dipengaruhi oleh subjective norms. Environmental knowledge tidak memberikan pengaruh pada internal perceived behavioral control dan internal perceived behavioral control serta external perceived behavioral control tidak berpengaruh pada purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | man-nature orientation, subjective norms, internal perceived behavioral control, external perceived behavioral control, attitude, environmental knowledge dan purchase intention v Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention terhadap Organic Shoes: Telaah pada Produk Sepatu Organik Node, Vanessa Valerian, Univesitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 03:20 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 00:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20233 |
Actions (login required)
View Item |