Perancangan Ulang Identitas Visual Sanoesa

Nathaniel Valenska, Brian (2022) Perancangan Ulang Identitas Visual Sanoesa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (377kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Sanoesa merupakan sebuah brand lokal penghasil kerajinan tangan berbahan dasar kayu jati bekas pembangunan rumah dan perabotan rumah tangga dari Desa Sukoharjo, Jawa Tengah. Memiliki visi dan misi untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, Sanoesa memiliki keinginan yang kuat untuk terus mempertahankan budaya craftmanship dari Desa Sukoharjo yang hendak punah dikarenakan rendahnya motivasi generasi baru untuk meneruskan tradisi turun temurun ini. Fenomena tersebut terjadi karena semakin rendahnya pendapatan yang mereka hasilkan dari bekerja sebagai pengrajin kayu. Bertahan teguh dengan value perusahaan yaitu nature minded, Bhinneka Tunggal Ika dan gotong royong, Sanoesa berupaya untuk membantu para pengrajin kayu dari Desa Sukoharjo dengan memfasilitasi mereka untuk dapat bekerja kembali dan mendapatkan kembali pasarnya. Namun seiring berjalannya waktu, Sanoesa yang sudah berdiri sejak tahun 2014 silam mengalami penurunan minat dikarenakan kurangnya konsistensi dalam brand baik dari segi pemasaran maupun identitas visual perusahaan yang masih memunculkan dilematik bagi Sanoesa. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan ulang identitas visual untuk Sanoesa untuk memberikan tampilan identitas baru yang lebih relevan terhadap perusahaan dan juga market, serta perancangan pedoman aplikasi identitas visual yang akan disusun dalam graphic standard manual. Dalam proses perancangan ulang ini, penulis menggunakan metode penelitian hybrid dengan melakukan penyebaran kuesioner sebagai pemenuhan data kuantitatif dan juga pelaksanaan wawancara, studi eksisting, serta FGD untuk memenuhi perolehan data kualitatif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Sanoesa, kayu bekas, tradisi, nusantara, identitas visual. vii Perancangan Ulang Identitas Visual Brand Seni dan Kerajinan Sanoesa, Brian Nathaniel Valenska, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:02
Last Modified: 05 Oct 2023 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item