Perancangan Kampanye Digital Edukasi tentang Doxing dan Bagaimana Cara Menanganinya

Santoso Jusup Mursalim, Angie Fabrianne (2022) Perancangan Kampanye Digital Edukasi tentang Doxing dan Bagaimana Cara Menanganinya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (377kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini, informasi apa saja dapat dicari di internet, termasuk infomasi pribadi seseorang. Saat melakukan sign in untuk mendaftar di media sosial, website, atau aplikasi tertentu biasanya perlu mencamtumkan informasi pribadi. Tidak jarang, informasi pribadi ini diambil dan disalahgunakan untuk kepentingan lainnya oleh bot, orang, atau kelompok tertentu. Hal yang dapat juga disebut dengan doxing ini memiliki resiko kejahatan lanjutan. Penipuan, ancaman keselamatan, penyalahgunaan identitas dan nomor rekening dapat terjadi saat informasi pribadi korban sudah tersebar. Data tersebut beserta akun yang menyebarnya akan terus ada dan dapat digunakan jika tidak ditindaklanjuti. Pelaku juga dapat dengan mudah menghapus dan menghilang dari internet untuk melarikan diri. Perancangan kampanye ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai masalah doxing dan bagaimana cara menanganinya. Metode yang digunakan dalam perancangan kampanye ini adalah Model Manajemen Kampanye dalam Venus (2015). Melalui perancangan kampanye ini, diharapkan warga Jawa Tengah dan Jawa Barat berusia 25-34 tahun tahu dan mengerti mengapa doxing berbahaya, mencantumkan informasi pribadi di internet dengan lebih bijak, dan tahu cara penanganan kasus doxing jika suatu saat terkena. Akhirnya, penulis berharap untuk menciptakan suatu komunitas media sosial yang sehat dan aman.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: doxing, kampanye digital, informasi pribadi, privasi vvii Perancangan Buku Digital Edukasi Mengenai Doxing dan Bagaimana Cara Menanganinya, Angie Fabrianne Santoso J.M., Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 370 Education
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:23
Last Modified: 10 Oct 2023 00:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20394

Actions (login required)

View Item View Item