Young, Richard (2021) Peningkatan Peringkat Pencarian pada Search Engine Result Page dengan Meningkatkan Maturity Search Engine Optimization pada Website PT XYZ. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
PT XYZ merupakan sebuah perusahaan penyewaan alat berat untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur sejak tahun 2014. Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang pesat. Website mulai dimanfaatkan sebagai media pemasaran digital pada industri penyewaan alat berat. Namun setelah beberapa tahun, website milik PT XYZ kalah bersaing dengan website milik kompetitor untuk memperebutkan peringkat hasil pencarian mesin pencari, sehingga website milik PT XYZ sulit untuk ditemukan dan tidak mendatangkan traffic atau pelanggan. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pengembangan website PT XYZ dengan tujuan agar website PT XYZ muncul pada posisi teratas, minimal pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari atau SERP, sehingga dapat lebih mudah untuk ditemukan oleh calon konsumen. Pengembangan website dilakukan mengacu pada kesenjangan (gap) antara kematangan website saat ini (current maturity) dengan kematangan ekspektasi masa depan (future maturity), berdasarkan sebuah Digital Maturity Model (DMM) yang disebut SEO Maturity Model. Pada DMM tersebut peneliti memilih dimensi mobility, content, dan new technology. Pengukuran current maturity model pada website PT XYZ menunjukkan skor 1,3 dari skala 5, yang menunjukkan kurang matangnya website yang digunakan. Sementara future maturity yang diharapkan adalah skor 3,67, yang berarti website dapat dengan mudah ditemukan dan dikunjungi oleh calon konsumen perusahaan sehingga dapat mendatangkan peringkat dan traffic minimal pada halaman pertama. Pengembangan website dilakukan dengan melakukan penambahan berbagai jenis fitur pada website. Pengkajian beberapa faktor kelayakan menunjukkan potensi meningkatnya peringkat SERP, visibilitas website, jumlah kunjungan, revenue, nilai Google Pagerank, kepercayaan konsumen, dan pendekatan terhadap konsumen yang semuanya divalidasi secara triangulasi sumber, dan hasilnya menunjukkan bahwa proyek layak untuk diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | digital marketing, SEO maturity model, Search Engine Result Pages, website, website visibility viii Peningkatan Peringkat Pencarian pada Search Engine Result Page dengan Meningkatkan Maturity Search Engine Optimization pada Website PT XYZ, Richard Young, Universitas Multimedia Nusantara |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 00:43 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 00:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20459 |
Actions (login required)
View Item |