Alur Kerja Jurnalistik sebagai Social Media Intern di Alinea.id

Alfrido, Alfrido (2022) Alur Kerja Jurnalistik sebagai Social Media Intern di Alinea.id. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Praktik mobile and social media journalism merupakan praktik yang ada untuk para jurnalis agar dapat memanfaatkan teknologi yang ada yaitu smartphone dan juga media sosial. Ada tiga cara utama jurnalis yang mempraktikkan hal ini yaitu mengumpulkan berita, menyalurkan atau menyebarkan konten, dan mewujudkan keterkaitan audiens. Ketiga hal tersebut dapat membantu para jurnalis pemula untuk mempelajari keterampilan dasar yang dibutuhkan oleh seorang jurnalistik pada masa modern ini. Dalam pelaksanaan magang, penulis bekerja di Alinea.id sebagai jurnalis divisi media sosial. Divisi tersebut bertugas untuk membuat berbagai konten untuk media sosial yang Alinea.id miliki. Konten yang dibuat merupakan konten jurnalisme yang informatif dan kredibel. Portal berita digital Alinea.id berdiri sejak 18 September 2017 dengan kantor yang berpusat di Jakarta. Alinea.id awalnya hanya berupa portal berita digital yang tampil untuk memberikan konteks berita dan informasi melalui format yang kreatif dan mudah diakses. Namun seiring berkembangnya zaman, Alinea.id mulai melebarkan sayapnya ke media sosial seperti Instagram dan Facebook. Penulis berkesempatan untuk bekerja dalam dunia jurnalistik dan mempraktikkan yang sudah dipelajari selama perkuliahan di praktik kerja magang. Penulis mendapatkan berbagai pengalaman dan dapat mempelajari alur kerja jurnalis media sosial dan pengolahan konten jurnalistik.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Media Sosial, Mobile Journalism, Alinea.id
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:03
Last Modified: 29 May 2023 06:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21148

Actions (login required)

View Item View Item