Implementasi Pengembangan Aplikasi Marketplace Barangbaku dengan Framework Kotlin Multiplatform Mobile

Michael, Michael (2022) Implementasi Pengembangan Aplikasi Marketplace Barangbaku dengan Framework Kotlin Multiplatform Mobile. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)

Abstract

Laporan kerja magang ini berisi tentang implementasi kegiatan kerja magang penulis pada PT Lingkar Inovasi Muda. Tugas utama yang diberikan adalah membuat aplikasi untuk marketplace Barangbaku yang merupakan bagian dari PT Lingkar Inovasi Muda. Aplikasi Barangbaku bertujuan untuk menjadi solusi bagi para pengusaha dan penjual barang baku mentah atau semi- mentah untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Penulis membantu dalam pembuatan aplikasi yang digunakan pada Android dan iOS. Pembuatan aplikasi Android dilanjutkan dari codebase developer sebelumnya, yang diprogram menggunakan bahasa pemrograman Java. Sementara pada platform iOS, digunakan framework Kotlin Multiplatform Mobile (KMM) untuk mengurangi redudansi kode dengan menggunakan teknik shared common code beserta susunan kode proyek dengan kaidah Clean Architecture. Susunan tampilan untuk aplikasi iOS menggunakan bahasa SwiftUI yang merupakan teknik penyusunan tampilan secara deklaratif dengan waktu pengerjaan relatif lebih cepat dibanding penyusunan tampilan secara imperatif. Penggunaan framework KMM bertujuan untuk mempercepat proses pembuatan aplikasi dan membangun sebuah proyek yang lebih mudah dirawat. Aplikasi Android telah berhasil dibuat dan dipublikasikan dengan fitur yang hampir sama dengan situs web Barangbaku, sementara aplikasi iOS masih dalam tahap pengembangan menggunakan framework KMM. Refaktorisasi proyek Android agar menggunakan shared common code dari KMM akan dilaksanakan pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Android, Java, Kotlin, iOS, SwiftUI, Kotlin Multiplatform Mobile
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Computer Engineering
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:56
Last Modified: 08 Jun 2023 00:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21226

Actions (login required)

View Item View Item