Praxis PR Agency's Employee Relations Strategy in Increasing Employees’ Work Motivation During Pandemic

Feego, Enric (2022) Praxis PR Agency's Employee Relations Strategy in Increasing Employees’ Work Motivation During Pandemic. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi banyak perusahaan di Indonesia; tidak terkecuali bagi perusahaan agensi seperti Praxis PR Agency. Sejak adanya pandemi, perusahaan tersebut beserta karyawannya mulai menghadapi berbagai tantangan baru yang turut menurunkan motivasi dalam bekerja. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mampu meningkatkan motivasi kerja para karyawannya; salah satunya dengan menerapkan strategi employee relations yang baik dan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi employee relations Praxis PR Agency dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan selama pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggunakan paradigma post- positivistik. Konsep yang digunakan adalah strategi, employee relations, komunikasi internal, dan motivasi kerja. Dalam penelitian ini, data diperoleh dengan melakukan observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik penjodohan pola dan pembuatan eksplanasi; yang selanjutnya diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat strategi employee relations yang dilakukan di Praxis PR Agency untuk meningkatkan motivasi kerja karyawannya selama masa pandemi ini; mulai dari mengomunikasikan kepercayaan kepada karyawan, menciptakan komunikasi internal yang baik dan efektif di dalam perusahaan, membantu memenuhi lima kebutuhan dasar karyawan, hingga menciptakan dan melaksanakan berbagai program employee relations. Berbagai strategi yang dilakukan tersebut dinilai sudah cukup baik dalam memenuhi kebutuhan karyawan dan meningkatkan motivasi mereka dalam bekerja. Akan tetapi, masih ada beberapa strategi yang perlu diperbaiki dan dikembangkan kembali agar hasilnya dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: employee relations, motivasi kerja, pandemi Covid-19, Praxis PR Agency, strategi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:52
Last Modified: 18 Apr 2023 08:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21964

Actions (login required)

View Item View Item