Pengaruh Konten Instagram Menantea terhadap Keterlibatan Media Sosial

Puspasari, Edwina Kartika (2022) Pengaruh Konten Instagram Menantea terhadap Keterlibatan Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan media sosial yang meningkat dan persaingan bisnis Food and Beverages (F&B) yang marak bermunculan saat ini membuat Menantea yang merupakan brand F&B kekinian memanfaatkan konten sebagai salah satu strategi utama dalam memasarkan brand dan produknya dengan harapan audiens dapat melibatkan dirinya pada setiap konten yang diunggah agar tercipta hubungan erat antara brand dan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh konten Instagram Menantea terhadap keterlibatan media sosial. Mengacu pada teori Uses and Gratification, audiens akan memperlihatkan kepuasan dalam menggunakan media sosial yang dilihat dengan keterlibatan berupa pastisipasi aktif yang dilakukan audiens pada konten yang diunggah. Konten menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Penelitian bersifat eksplanatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan daring kepada 300 responden yang mengikuti akun Instagram @menantea.toko dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan konten Instagram Menantea terhadap keterlibatan khalayak di media sosial sebesar 52.2%. Dapat disimpulkan konten media sosial yang mencakup credible, shareable, useful or fun, interesting, relevant, timely, different, dan on brand and authentic mempengaruhi keterlibatan khalayak di media sosial

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Konten Media Sosial, Keterlibatan, Media Sosial, Menantea, Teori Uses and Gratification
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:53
Last Modified: 02 May 2023 02:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21968

Actions (login required)

View Item View Item