Bo, Maria Cherie (2022) Strategi Virtual Brand Activation untuk Memperkuat Positioning (Studi Kasus: Event Marketing oleh Divisi Event Harian Kompas). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (153kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (115kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Selama tahun 2021, event menjadi salah satu industri yang mengalami kerugian besar akibat pandemi Covid-19. Event marketing activation sebagai salah satu bentuk brand activation yang identik dengan interaksi langsung kini harus melalui perantara teknologi digital. Divisi Event di Harian Kompas juga perlu memperkuat positioning merek, agar dapat dibedakan dari media lain yang juga melakukan event marketing activation dengan format yang sama, yaitu virtual. Positioning tersebut adalah sumber informasi yang tepercaya, akurat, dan mendalam. Maka, Harian Kompas membuat event yang bersifat edukatif dan bermanfaat bagi kepentingan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi brand activation virtual Harian Kompas yang berbentuk event marketing dalam memperkuat positioning merek. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti melakukan wawancara kepada anggota Divisi Event di Harian Kompas dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan construct validity. Data dianalisis menggunakan pattern matching dan mengacu pada konsep mengenai brand activation, positioning, komunikasi pemasaran, dan pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Divisi Event untuk memperkuat positioning Harian Kompas kala pandemi Covid-19 tahun 2021 adalah dengan melakukan kurasi dan riset baik pada topik, pembicara, maupun sponsor Kompas100 CEO Forum, Borobudur Marathon, Kompasfest, dan Kompas Talks. Penggunaan teknologi digital bersifat interconnected, on-demand, sederhana, low-cost, lemah secara emosional, pendapatan yang rendah, serta membuat engagement rate menjadi transparan bagi publik. Komunikasi pemasaran event virtual kebanyakan dilakukan menggunakan media di bawah naungan Kompas Gramedia. Event diimplementasikan melalui situs, aplikasi streaming, dan aplikasi buatan sendiri. Kontrol dilakukan dengan mengacu kepada evaluasi konsep, partnership, dan eksekusi, serta melakukan media monitoring kepada signature events.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | aktivasi merek, event marketing activation, Harian Kompas, komunikasi pemasaran, positioning |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:56 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 07:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22012 |
Actions (login required)
View Item |