Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Rancangan UI UX pada Website Cinepolis Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Aristawati, Cindy (2022) Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Rancangan UI UX pada Website Cinepolis Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UI/UX merupakan salah satu element penting penyusun website. Salah satu tugas UI/UX adalah untuk mempermudah tercapainya suatu goal yang diinginkan pengguna. Cinépolis merupakan sebuah bioskop yang sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 2014. Cinépolis kemudian meluncurkan website miliknya sendiri guna mempermudah pengguna dalam melihat informasi film maupun pemesanan tiket. Berdasarkan kuesioner yang sudah disebar dan dihitung dengan metode System Usability Scale atau SUS, website Cinépolis mendapatkan skor 54.03 dan berada dibawah standar SUS yaitu 68. Predikat yang didapatkan dari website Cinépolis adalah grade D dengan predikat Poor. Heuristik adalah metode untuk mencari permasalahan antarmuka guna meningkatkan usabilitas dan experience pengguna. Evaluasi bersama 2 evaluator menunjukan bahwa terdapat 20 permasalahan pada website Cinépolis berdasarkan 10 prinsip heuristik, sedangkan evaluasi prototype perbaikan website Cinépolis bersama 1 evaluator lainnya ditemukan 5 temuan permasalahan berdasarkan 10 prinsip heuristik pada prototype Figma. Prototype yang telah diimplementasikan mendapatkan hasil akhir skor 88.01 dengan menggunakan perhitungan SUS berdasarkan data kuesioner yang sudah disebar. Predikat akhir yang didapatkan dari website perbaikan Cinépolis adalah grade A dengan predikat Excellent.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Evaluasi, Figma, Heuristik, SUS, UI/UX, Website
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:00
Last Modified: 22 Aug 2023 00:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22065

Actions (login required)

View Item View Item