Rancang Bangun Aplikasi Diet untuk Penderita Maag dengan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Berbasis Android

Richardo, Juan Daniel (2022) Rancang Bangun Aplikasi Diet untuk Penderita Maag dengan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)

Abstract

Selama pandemi COVID-19 banyak orang disarankan untuk membatasi aktivitas fisik di luar rumah dan hal ini berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan sedikit aktifitas dapat mengakibatkan obe- sitas yang dapat menyebabkan maag sehingga harus melakukan diet. Keteraturan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi saat diet bagi penderita maag men- jadi sangat penting karena meminimalisasi risiko maag kambuh. Sistem rekomen- dasi untuk diet bagi penderita maag yang dibuat dalam aplikasi smartphone berbasis Android dapat membantu penggunanya untuk mendapat rekomendasi tanpa pergi menemui dokter secara langsung. Metode forward chaining dan certainty factor yang digunakan dalam aplikasi dapat memberikan hasil rekomendasi yang sesuai berdasarkan data masukan. Hasil rekomendasi yang diberikan telah disesuaikan dengan hasil wawancara personal dengan pakar kesehatan. Hasil penelitan menun- jukkan kesuksesan aplikasi sebesar 80% setelah dikonsultasikan dengan pakar ke- sehatan yang terlibat. Aplikasi ini juga dinilai oleh pengguna yang dipilih menggu- nakan simple random sampling dengan total 30 partisipan. Penilaian menggunakan metode system usability scale mendapatkan nilai 76,5 dalam skala Likert.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Android, certainty factor, diet, forward chaining, maag, sistem rekomendasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:03
Last Modified: 09 Aug 2023 05:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22098

Actions (login required)

View Item View Item