Perbedaan Tingkat Kepuasan Generasi Z terhadap Berita Kesehatan Listicle IDN Times dan Kompas.com

Koopman, Kevin (2022) Perbedaan Tingkat Kepuasan Generasi Z terhadap Berita Kesehatan Listicle IDN Times dan Kompas.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Online media terus mengembangkan produk-produk berita dengan berbagai format, salah satunya adalah listicle. Orang-orang saat ini lebih memilih untuk menghindari membaca artikel yang terlalu panjang. Hal ini didukung oleh data yang menyatakan daya fokus orang dalam 10 tahun terakhir terus menurun. Penelitian ini mengukur perbedaan tingkat kepuasan generasi Z pada dua online media, yaitu IDN Times dan Kompas.com yang difokuskan pada produk listicle kesehatan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pretest-Posttest Control Group Design supaya bisa melihat data sebelum dan sesudah diberi perlakuan (treatment). Eksperimen dilakukan pada generasi Z Jabodetabek berjumlah 60 partisipan untuk kedua kelompok eksperimen. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratifications berdasarkan Lin dan juga menggunakan konsep Discrepancy Gratification yang terdiri dari Gratification Sought dan Gratification Obtained untuk melihat kesenjangan kepuasan tiap dimensinya. Penelitian ini menemukan adanya perbedaan tingkat kepuasan pada kedua media, dari 10 dimensi IDN Times berhasil memuaskan 9 dimensi dan Kompas.com 6 dimensi. Kedua media sama- sama memiliki skor mean tertinggi pada dimensi information. Sementara itu, kedua media tidak berhasil memuaskan pembaca generasi Z pada dimensi companionship. Setelah disimpulkan, media IDN Times dalam penelitian ini lebih unggul berdasarkan skor mean dan keberhasilan Discrepancy Gratification.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: berita kesehatan, listicle, Discrepancy Gratification, kepuasan berita
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:04
Last Modified: 17 Jun 2023 03:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22105

Actions (login required)

View Item View Item