Koopman, Kevin (2022) Perbedaan Tingkat Kepuasan Generasi Z terhadap Berita Kesehatan Listicle IDN Times dan Kompas.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (381kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (258kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Online media terus mengembangkan produk-produk berita dengan berbagai format, salah satunya adalah listicle. Orang-orang saat ini lebih memilih untuk menghindari membaca artikel yang terlalu panjang. Hal ini didukung oleh data yang menyatakan daya fokus orang dalam 10 tahun terakhir terus menurun. Penelitian ini mengukur perbedaan tingkat kepuasan generasi Z pada dua online media, yaitu IDN Times dan Kompas.com yang difokuskan pada produk listicle kesehatan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pretest-Posttest Control Group Design supaya bisa melihat data sebelum dan sesudah diberi perlakuan (treatment). Eksperimen dilakukan pada generasi Z Jabodetabek berjumlah 60 partisipan untuk kedua kelompok eksperimen. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratifications berdasarkan Lin dan juga menggunakan konsep Discrepancy Gratification yang terdiri dari Gratification Sought dan Gratification Obtained untuk melihat kesenjangan kepuasan tiap dimensinya. Penelitian ini menemukan adanya perbedaan tingkat kepuasan pada kedua media, dari 10 dimensi IDN Times berhasil memuaskan 9 dimensi dan Kompas.com 6 dimensi. Kedua media sama- sama memiliki skor mean tertinggi pada dimensi information. Sementara itu, kedua media tidak berhasil memuaskan pembaca generasi Z pada dimensi companionship. Setelah disimpulkan, media IDN Times dalam penelitian ini lebih unggul berdasarkan skor mean dan keberhasilan Discrepancy Gratification.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | berita kesehatan, listicle, Discrepancy Gratification, kepuasan berita |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:04 |
Last Modified: | 17 Jun 2023 03:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22105 |
Actions (login required)
View Item |