Renardy, Kevin (2022) Pengaruh Technological, Organizational, Environment, dan Individu Context terhadap Efektivitas Adopsi E-Commerce oleh Usaha Mikro. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (800kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (406kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (265kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi internet pada usaha mikro di Indonesia belum maksimal.Kurangnya literasi digital kepada pelaku usaha mikro menjadi salah satu alasan pelaku usaha belum terdigitalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis framework Technological, Organizational, Environment, dan Individu Context terhadap efektivitas pemanfaatan teknologi internet pada usaha mikro. Konsep yang digunakan adalah Usaha Mikro, e-commerce, adopsi teknologi internet, TOE framework. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner kepada 190 pemilik usaha mikro. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro yang sudah menggunakan teknologi. Dalam mengolah dan menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dan asumsi blueregression (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas) dan uji regresi berganda (uji Rsquare, uji F, dan uji T) untuk menilai indikator dari setiap variabel. Kemudian data-data diolah menggunakan SPSSversi 25 untuk menguji hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara efektivitas adopsi e-commerce dengan Perceived Benefits, Perceived Compatibility, Technology Readiness, Customers/Suppliers Pressure, kemudian Cost berpengaruh negative terhadap efektivitas adopsi e-commerce, dan Competitor Pressure, External Support, Owners Innovativeness, Owners IT Ability, Owners IT Experience tidak berpengaruh positif terhadap efektivitas adopsi e-commerce. Implikasi manajerial dapat dilakukan dengan pengadaan program dan training untuk karyawan mengenai adopsi teknologi internet pada usaha mikro.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pengangguran, Kemiskinan, Usaha Mikro, E-Commerce, Internet Technology Adoption, TOE Framework |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:04 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 05:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22107 |
Actions (login required)
View Item |