Pengaruh Technological, Organizational, Environment, dan Individu Context terhadap Efektivitas Adopsi E-Commerce oleh Usaha Mikro

Renardy, Kevin (2022) Pengaruh Technological, Organizational, Environment, dan Individu Context terhadap Efektivitas Adopsi E-Commerce oleh Usaha Mikro. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi internet pada usaha mikro di Indonesia belum maksimal.Kurangnya literasi digital kepada pelaku usaha mikro menjadi salah satu alasan pelaku usaha belum terdigitalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis framework Technological, Organizational, Environment, dan Individu Context terhadap efektivitas pemanfaatan teknologi internet pada usaha mikro. Konsep yang digunakan adalah Usaha Mikro, e-commerce, adopsi teknologi internet, TOE framework. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner kepada 190 pemilik usaha mikro. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro yang sudah menggunakan teknologi. Dalam mengolah dan menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dan asumsi blueregression (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas) dan uji regresi berganda (uji Rsquare, uji F, dan uji T) untuk menilai indikator dari setiap variabel. Kemudian data-data diolah menggunakan SPSSversi 25 untuk menguji hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara efektivitas adopsi e-commerce dengan Perceived Benefits, Perceived Compatibility, Technology Readiness, Customers/Suppliers Pressure, kemudian Cost berpengaruh negative terhadap efektivitas adopsi e-commerce, dan Competitor Pressure, External Support, Owners Innovativeness, Owners IT Ability, Owners IT Experience tidak berpengaruh positif terhadap efektivitas adopsi e-commerce. Implikasi manajerial dapat dilakukan dengan pengadaan program dan training untuk karyawan mengenai adopsi teknologi internet pada usaha mikro.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pengangguran, Kemiskinan, Usaha Mikro, E-Commerce, Internet Technology Adoption, TOE Framework
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:04
Last Modified: 28 Jun 2023 05:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22107

Actions (login required)

View Item View Item