Vinka Violita, Vinka Violita (2022) Pengaruh Sales Promotion Fitur Shopee PayLater terhadap Perilaku Impulsive Buying di Aplikasi Shopee (Survei pada Pengguna Shopee PayLater). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (289kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (118kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan layanan paylater mengalami peningkatan dua kali lipat disaat pandemi. Hal ini dikarenakan ekonomi yang terhambat serta pola kehidupan baru (new normal) yang diterapkan, sehingga menuntut masyarakat untuk mengelola arus pemasukan dan pengeluaran keuangan. Shopee yang merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia meluncurkan suatu inovasi baru berupa fitur Shopee PayLater untuk menjadi solusi keuangan masyarakat. Dalam kinerjanya, Shopee menggencarkan sales promotion pada fitur Shopee PayLater. Dengan banyaknya promosi yang ditawarkan, fitur Shopee PayLater mendorong penggunanya untuk melakukan pembelian seketika (impulsive buying). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sales promotion pada fitur Shopee PayLater terhadap perilaku impulsive buying penggunanya di aplikasi Shopee. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 200 responden sesuai kriteria. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sales promotion pada fitur Shopee PayLater memiliki pengaruh yang positif sebesar 37,4% terhadap perilaku impulsive buying penggunanya di aplikasi Shopee. Sedangkan sisanya sebesar 62,6% adalah pengaruh lain yang tidak dapat dijelaskan melalui penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | E-commerce, Paylater, Sales Promotion, Impulsive Buying, Shopee PayLater. |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:06 |
Last Modified: | 13 May 2023 02:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22129 |
Actions (login required)
View Item |