Pengaruh Sales Promotion Fitur Shopee PayLater terhadap Perilaku Impulsive Buying di Aplikasi Shopee (Survei pada Pengguna Shopee PayLater)

Vinka Violita, Vinka Violita (2022) Pengaruh Sales Promotion Fitur Shopee PayLater terhadap Perilaku Impulsive Buying di Aplikasi Shopee (Survei pada Pengguna Shopee PayLater). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan layanan paylater mengalami peningkatan dua kali lipat disaat pandemi. Hal ini dikarenakan ekonomi yang terhambat serta pola kehidupan baru (new normal) yang diterapkan, sehingga menuntut masyarakat untuk mengelola arus pemasukan dan pengeluaran keuangan. Shopee yang merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia meluncurkan suatu inovasi baru berupa fitur Shopee PayLater untuk menjadi solusi keuangan masyarakat. Dalam kinerjanya, Shopee menggencarkan sales promotion pada fitur Shopee PayLater. Dengan banyaknya promosi yang ditawarkan, fitur Shopee PayLater mendorong penggunanya untuk melakukan pembelian seketika (impulsive buying). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sales promotion pada fitur Shopee PayLater terhadap perilaku impulsive buying penggunanya di aplikasi Shopee. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 200 responden sesuai kriteria. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sales promotion pada fitur Shopee PayLater memiliki pengaruh yang positif sebesar 37,4% terhadap perilaku impulsive buying penggunanya di aplikasi Shopee. Sedangkan sisanya sebesar 62,6% adalah pengaruh lain yang tidak dapat dijelaskan melalui penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: E-commerce, Paylater, Sales Promotion, Impulsive Buying, Shopee PayLater.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:06
Last Modified: 13 May 2023 02:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22129

Actions (login required)

View Item View Item