Pangputri, Gabriela Septri (2022) Pengaruh CSR Mcdonald’s Indonesia terhadap Customer Citizenship Behavior dengan Citra Perusahaan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Followers Instagram @mcdonaldsid). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (249kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Di Indonesia, praktik CSR sudah tercantum dalam peraturan pemerintahan sebagai sebuah kewajiban yang perlu dipatuhi. Setiap perusahaan memiliki kewajiban dan kesadaran untuk menaati peraturan karena jika mengabaikannya, perusahaan dapat mengalami kerugian terutama dalam hal citra perusahaan yang buruk karena dianggap melalaikan kewajibannya. McDonald's Indonesia sebagai salah satu restoran fast food yang terkenal akan kegiatan CSR yang rutin dilakukannya, dengan membuat rubrik khusus CSR di website resminya serta mendirikan sebuah yayasan untuk melakukan kegiatan filantropi yaitu RMHC. Pada Desember 2021 lalu, McDonald's Indonesia melakukan program #RayakanBersamaRMHC yang mengikutsertakan partisipasi pelanggan yaitu menyumbang untuk pihak yang membutuhkan melalui RMHC. Hal tersebut menandakan bahwa McDonald's menganggap CSR tidaklah sebatas kewajiban dari pemerintah saja, melainkan sebuah bagian penting dari perjalanan perusahaan untuk mencapai kesuksesan seperti meningkatnya citra perusahaan positif. Dengan demikian, hal ini dapat mengarahkan pelanggan untuk menunjukkan bentuk loyalitasnya dengan membantu perusahaan berkembang ke arah yang lebih baik, yang termasuk ke dalam Customer Citizenship Behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh CSR terhadap Customer Citizenship Behavior sebesar 15,3%, CSR terhadap citra perusahaan sebesar 11,6%, citra perusahaan terhadap Customer Citizenship Behavior sebesar 52,8%, dan CSR terhadap Customer Citizenship Behavior yang dimediasi oleh citra perusahaan sebesar 55,2%. Simpulan dari penelitian ini yaitu setiap variabel yang diuji berpengaruh signifikan sehingga semua hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Corporate Social Responsibility, Citra Perusahaan, Customer Citizenship Behavior, McDonald's Indonesia, #RayakanBersamaRMHC. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:08 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 07:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22156 |
Actions (login required)
View Item |