Rancang Bangun Marketplace dengan Sistem Rekomendasi Produk Penjualan Menggunakan Algoritma FP-Growth

Sanjaya, Steven (2022) Rancang Bangun Marketplace dengan Sistem Rekomendasi Produk Penjualan Menggunakan Algoritma FP-Growth. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Marketplace adalah suatu platform dimana memiliki tugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online dan memiliki sebuah sistem rekomendasi agar mempermudah pengguna baik itu pembeli ataupun penjual dengan keuntungannya masing-masing. Oleh karena itu, datanglah ide untuk mengembangkan sebuah Marketplace yang memberikan sebuah fitur rekomendasi dengan menggunakan algoritma FP-Growth dimana algoritma ini mengambil data berdasarkan jumlah frequent itemset terbanyak. Algoritma tersebut dipilih karena lebih baik dibandingkan algoritma Apriori dikarenakan memakan waktu yang banyak saat menentukan kandidat itemset dan membaca ulang database berulang-ulang, sedangkan algoritma FP-Growth hanya membaca database sekali. Pengujian aplikasi kepada pengguna dengan menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) dan menghitung persentase rata-rata dari setiap kategori EUCS menggunakan Skala Likert yang disebarkan lewat kuesioner. Hasil yang didapatkan dari pengujian aplikasi ini memiliki nilai 83% pada kategori isi (content), nilai 83.67% pada kategori ketepatan (accuracy), nilai 82.5% pada kategori bentuk (format), nilai 80.75% pada kategori kemudahan pengguna (ease of use), dan nilai 85% pada kategori ketepatan waktu (timeless) yang artinya pengguna merasa puas dengen produk yang direkomendasikan pada aplikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: EUCS, FP-Growth, marketplace, rekomendasi, Skala Likert
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:12
Last Modified: 25 Aug 2023 05:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item View Item