Putrim, Erika (2022) Rancang Bangun Sistem Perjalanan Dinas Karyawan pada Sistem Informasi HR Berbasis ERP(Odoo) dengan Metode Scrum (Studi Kasus: Kompas Gramedia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (874kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Kompas Gramedia merupakan salah satu perusahaan yang mengimplementasikan strategi eksternal dalam proses mencapai tujuan, salah satunya adalah dengan melakukan perjalanan dinas. Pengelolaan perjalanan dinas di Kompas Gramedia saat ini telah diterapkan ke dalam sistem HR Portal dengan menggunakan ERP SAP. Tetapi karena adanya dampak ekonomi dari pandemi Covid-19, maka perusahaan mulai melakukan pembatasan pengeluaran, salah satunya adalah dengan memberhentikan penggunaan SAP yang berdampak pada tidak bisa digunakannya sistem HR Portal. Sebagai alternatif, saat ini Kompas Gramedia khususnya departemen Human Resource Information System (HRIS) membangun sistem perjalanan dinas karyawan dalam sistem ERP Odoo, yaitu ERP yang didistribusikan secara open source dengan berbagai aplikasi bisnis yang terintegrasi di dalamnya. Dari sistem yang sedang dibangun tersebut, terdapat beberapa fitur yang dapat dikembangkan lebih lanjut maupun fitur-fitur tambahan yang dapat dibangun, seperti pengiriman notifikasi lewat media lain seperti WhatsApp, pemrosesan transfer atas biaya-biaya yang perlu digantikan, dll. Pembangunan dan pengembangan fitur-fitur dalam sistem ini dilakukan dengan metode Scrum, yang memungkinkan pengembangan perangkat lunak dalam waktu singkat dan dapat mengatasi masalah adaptif. Hasil penelitian menunjukkan kesuksesan aplikasi dalam memproses masukan dan kesesuaian keluaran dengan hasil sebesar 100%. Selain itu, evaluasi sistem dengan metode Technology Acceptance Model (TAM) dan skala Likert menunjukkan hasil 89.29% untuk kategori Perceived Usefulness, 87.8% untuk kategori Perceived Ease of Use, 88% untuk kategori Attitude Toward Using, dan 92% untuk kategori Behavioral Intention to Use. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perancangan, pembangunan dan pengembangan sistem ini dengan metode Scrum telah berhasil dilakukan, dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Dinas, Enterprise Resource Planning (ERP), Kompas Gramedia, Odoo, Sistem Perjalanan Dinas, Skala Likert, Technology Acceptance Model (TAM), WhatsApp |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:15 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 00:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22259 |
Actions (login required)
View Item |