Muhamad Salim, Chandra (2022) Pengaruh Knowledge, Skill, dan Engagement terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Pemanfaatan Flipped Classroom: Telaah pada Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Swasta di Tangerang Raya pada Masa Pandemic. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (378kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (149kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Secara tradisional, ada kesenjangan antara apa yang telah dipelajari siswa dan keterampilan yang mereka peroleh di universitas dan apa yang dibutuhkan perusahaan saat merekrut karyawan baru. Apalagi dengan adanya pandemi saat ini, terjadi penurunan kualitas pendidikan secara signifikan ketika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan sejak awal pandemi melanda. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran flipped classroom yang tidak hanya berfokus kepada pengajar, namun pembelajaran lebih berpusat kepada para mahasiswa agar proses pembelajaran daring menjadi lebih interaktif dan tidak menimbulkan kejenuhan dan sekiranya dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan berkontribusi baik pada perolehan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memasuki pasar tenaga kerja. Penelitian ini memberikan manfaat memberikan sumbangan ilmu pengetahuan dalam usaha mengembangkan kepuasan mahasiswa dengan cara meningkatkan knowledge, skill dan engagement mahasiswa dengan metode pembelajaran flipped classroom. Penelitian berjenis kuantitatif dengan dilakukannya survey pada mahasiswa- mahasiswa universitas swasta di Tangerang Raya. Pengumpulan data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 168 mahasiswa-mahasiswi swasta di Tangerang Raya. Data statistik diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26 untuk pre- test, dan SMARTPLS untuk main-test Hasil penelitian menunjukan bahwa flipped classroom berpengaruh positif terhadap pengetahuan, keterampilan, dan keterlibatan mahasiswa, pengetahuan mahasiswa tidak berpengaruh positif terhadap keterampilan mahasiswa, keterampilan mahasiswa tidak berpengaruh positif terhadap keterlibatan mahasiswa, kemampuan mahasiswa berpengaruh positif terhadap keterlibatan mahasiswa, serta pengetahuan, kemampuan, dan keterlibatan mahasiswa berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. Oleh karena itu, pihak universitas harus tetap menggunakan metode pembelajaran flipped classroom agar pengetahuan, kemampuan, dan keterlibatan meningkat sehingga kepuasan mahasiswa ikut meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | flipped classroom, student knowledge, student skill, student engagement, student satisfaction. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 001 Knowledge > 001.9 Controversial knowledge |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 06:58 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 07:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22462 |
Actions (login required)
View Item |