Evaluasi ERP SAP Business One dan Rekomendasi Perbaikan Sistem Menggunakan Odoo Ver.15.0 (Studi Kasus : PT Bando Indonesia)

Maulidina Nurrohmah, Winda (2022) Evaluasi ERP SAP Business One dan Rekomendasi Perbaikan Sistem Menggunakan Odoo Ver.15.0 (Studi Kasus : PT Bando Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (978kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada Era 4.0, kecepatan perkembangan teknologi berkembang semakin pesat, organisasi dan perusahaan berusaha menggunakan teknologi informasi terkini untuk memenangkan persaingan. Satu di antara yang ada mengenai solusi yang diberikan menjadi unggulan bisnis adalah Enterprise Resource Planning (ERP). PT Bando Indonesia merupakan salah satu produsen v-belt dan conveyor belt terkemuka di Indonesia. Perusahaan yang mengimplementasikan sistem ERP, salah satu software nya adalah SAP Business One sebagai sistem yang mampu menggabungkan segala macam proses bisnis di suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis korelasi dan evaluasi tingkat kesuksesan sistem SAP Business One yang dilakukan berdasarkan pendekatan kuantitatif dengan memberikan saran bagi departemen MIS sebagai pengembang dan penanggung jawab sistem ERP di PT Bando Indonesia. Hal ini perlu dilakukan evaluasi, karena sejak tahun 2012-2022 SAP Business One belum pernah ada evaluasi mengenai penggunaan sistem SAP ini. Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan penelitian mengenai evaluasi untuk mengukur keberhasilan sistem ERP. Indikator yang disusun bersumber pada Model Update Kesuksesan Sistem Informasi DeLone and McLean, yaitu kualitas informasi, kualitas layanan, kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna dari perspektif karyawan pengguna SAP Business One. Sampel penelitian ini berjumlah 41 pengguna yang masih aktif. Dengan menggunakan simple random sampling dan jenis data primer. Hasil dari penelitian ini adalah melakukan dan memahami evaluasi tingkat kesuksesan pada SAP Business One, dan hasil dari evaluasi dikembangkan dalam aktivitas konfigurasi dan kustomisasi sistem ERP open source Odoo ver 15.0, Hal ini dikarenakan, didalam sistem SAP Business One tidak punya hak akses untuk dapat melakukan kustomisasi. Maka dari itu, Odoo merupakan salah satu sistem ERP open-source yang dapat memenuhi saran dan hasil pengolahan data dari penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengetahui masalah-masalah yang terjadi selama penggunaan sistem SAP Business One di perusahaan. Kemudian, diharapkan dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah perusahaan dan mencukupi kebutuhan yang diperlukan perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ERP, Kepuasan Pengguna, Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean, Odoo, SAP Business One.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:08
Last Modified: 03 Aug 2023 05:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22512

Actions (login required)

View Item View Item