Ayudhiya, Jasmine Laily Putri (2022) Revitalisasi Plaza Ciputat sebagai Pusat Perbelanjaan dan Pusat Aktivitas Masyarakat: Pendekatan Kualitas Fisik Interior dan Persepsi Pengguna. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (466kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Plaza Ciputat memiliki peran penting sebagai pusat perbelanjaan dan pusat aktivitas masyarakat yang menjadi salah satu penggerak perekonomian dan wadah interaksi warga setempat. Plaza Ciputat terintegrasi dengan Pasar Ciputat dan Pertokoan sebagai pusat perbelanjaan masyarakat Ciputat. Kualitas fisik dalam pusat perbelanjaan sebagai pembentuk persepsi dan pengalaman pengguna ruang merupakan salah satu faktor penting dalam keberlanjutan aktivitas perekonomian di dalamnya. Saat ini, kondisi Plaza Ciputat mengalami penurunan kualitas fisik interior karena kurang perawatan yang berdampak pada persepsi pengguna. Tujuan penelitian ini adalah memahami pengaruh kualitas fisik interior Plaza Ciputat terhadap persepsi pengguna melalui pemetaan dan analisis elemen elemen fisik interior yang berfokus pada sistem pencahayaan, sistem pengudaraan, transportasi vertikal, dan material bangunan. Metode penelitian korelasional untuk memahami hubungan antara variabel pertama, yaitu "Kualitas Fisik Interior" dengan variabel kedua, yaitu "Persepsi Pengguna". Hasil penelitian menggambarkan keterkaitan hubungan antara kualitas fisik interior dengan persepsi pengguna yang menjadi dasar perancangan revitalisasi Plaza Ciputat. Hasil perancangan menjadi solusi terhadap permasalahan terkait kualitas fisik interior terhadap persepsi pengguna. Perancangan revitalisasi dengan pendekatan kualitas fisik interior dapat mengakomodir serta melengkapi kebutuhan pengguna dalam mencapai kenyamanan saat melakukan aktivitas perdagangan, sedangkan pendekatan persepsi pengguna dapat mengetahui kebutuhan ruang, program, serta fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Plaza Ciputat, Pusat Perbelanjaan, Pusat Aktivitas Masyarakat, Kualitas Fisik Interior, Persepsi Pengguna |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Architecture |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:16 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 05:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22557 |
Actions (login required)
View Item |