Angarini Tjen, Angel (2022) Perancangan Kampanye Digital #BumiItuCantik Bersama Yagi Natural Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (265kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penggunaan internet terutama sosial media di Indonesia semakin meningkat dengan adanya pandemi COVID-19. Sosial media menjadi salah satu media utama yang digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai isu-isu penting di masyarakat. Salah satu isu tersebut adalah jumlah sampah plastik yang diproduksi dari botol kosmetik. Kampanye digital #BumiItuCantik dibuat dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai sampah plastik di industri kosmetik serta mengedukasi masyarakat bagaimana mengurangi penggunaan plastik di rumah tangga dengan cara menerapkan gaya hidup berjangka panjang (sustainable). Kampanye digital #BumiItuCantik dirancang berdasarkan konsep The Four Step Social Media Model oleh Carolyn Mae Kim dari bukunya Social Media Campaigns: Strategies for Public Relations and Marketing. Pengumpulan data yang diperlukan untuk pelaksanaan kampanye digital #BumiItuCantik dilakukan melalui wawancara serta riset online. Kampanye digital #BumiItuCantik dilaksanakan di Instagram dengan menggunakan tiga fitur utama Instagram yakni Instagram feed, Instagram Story dan Instagram Reels. Kampanye digital #BumiItuCantik berhasil mencapai 23.099 impressions dari tiga fitur Instagram. Kampanye digital #BumiItuCantik berhasil mencapai target dan dari tiga fitur yang digunakan untuk melaksanakan kampanye digital, dapat dilihat bahwa Instagram Reels dapat membawa audiens yang banyak, Instagram Posts dapat digunakan untuk memberikan konten edukasi dan Instagram Story dapat digunakan untuk membangun hubungan dan berinterkasi dengan pengikut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kampanye Digital, Instagram, Sampah Plastik, Sustainability |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Jul 2022 09:28 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 01:49 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22846 |
Actions (login required)
View Item |