The Utilization of Media Richness of Campaign #ForChange Application for Social Campaign

Lorencio, Ferren (2022) The Utilization of Media Richness of Campaign #ForChange Application for Social Campaign. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah banyaknya organisasi bergerak di bidang sosial, turut memanfaatkan keberadaan media baru untuk melaksanakan komunikasi eksternal untuk mencapai tujuan organisasi salah satunya kampanye. Kegiatan kampanye sosial saat ini menjadi semakin mudah dikarenakan adanya media baru seperti media sosial, tetapi ada juga organisasi seperti Campaign.com yang menciptakan platform aplikasi seperti Campaign #ForChange untuk kampanye sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana media Campaign #ForChange ini digunakan menjadi media yang kaya dalam komunikasi. Teori/konsep Komunikasi Eksternal, Model Komunikasi, Media Baru, Computer Mediated Communication (CMC), Kampanye, dan Media Richness Theory. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah media kampanye Campaign #ForChange memenuhi kriteria kekayaan media seperti Speed of Feedback, Multiple Cues, Language Variety, dan Ability to personalize the message. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Campaign #ForChange termasuk ke dalam kategori media yang kaya untuk digunakan sebagai media komunikasi kampanye.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Eksternal, CMC, Media Baru, Media Richness Theory
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jul 2022 09:27
Last Modified: 28 Apr 2023 00:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22869

Actions (login required)

View Item View Item