Studi Perancangan Sistem Manajemen Energi pada SMK ORA et LABORA Tangerang Selatan

Amanda Azahra, Nabila (2023) Studi Perancangan Sistem Manajemen Energi pada SMK ORA et LABORA Tangerang Selatan. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)

Abstract

Manajemen energi adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengendalikan konsumsi energi agar mencapai efisiensi energi. Pemanfaatan ini telah digunakan sebaik mungkin melalui teknologi yang semakin maju sehingga tidak dipungkiri bahwa hal ini sangat bisa mendukung pemanfaatan energi yang efektif dan efisien. Untuk memanajemen energi, tentu hal yang harus dilakukan dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Energi. Sistem Manajemen Energi (Energi Management System) adalah sebuah alat elekronik yang saling terhubung dengan alat-alat pendukung (sensor dan NodeMCU ESP8266) yang bertujuan untuk mengirimkan informasi berupa data dalam pengontrolan dan pemonitoran keadaan suatu ruang. Tentunya hal ini di proses melalui bantuan IoT (Internet of Things). SMK ORA et LABORA selaku sekolah yang fokus di bidang industri ini tentunya tertarik untuk mempelajari dan mengimplementasikan Sistem Manajemen Energi (Energy Management System). Oleh karena itu, saat kegiatan kerja praktik ini berlangsung, penulis memiliki tugas khusus untuk merancang pemrograman dan alat untuk melaksanakan efisiensi energi dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Energi (Energi Management System) di SMK ORA et LABORA. Dari hal ini, penulis dapat dengan mudah melakukan detail audit kondisi ruangan yang dimana data ­ data tersebut di ambil secara real time. Kegiatan kerja praktik ini juga menggali banyak informasi untuk penulis, bahwa pada setiap kondisi cuaca berbeda, hasil yang terdeteksi pada website mengenai ruangan akan berbeda. Seperti data yang di dapatkan bahwa suhu ruangan berada di rentang 26.7-29.5°C, kelembaban 46-55%, pencahayaan 100-121.66 lx, dan kebisingan 49 dBA. Sedangkan menurut standar kenyamanan, suhu berada di rentang 20 ­ 26 °C, kelembaban 45 ­ 65 %, pencahayaan 250 lx, kebisingan 55 dBA. Artinya, ruang objek kurang baik untuk penghuninya. Alasan selanjutnya yang menyebabkan hal ini adalah setiap ruang memiliki kondisi yang berbeda sesuai dengan posisi dan bentuknya. Oleh karena itu, auditor energi sangat dibutuhkan di Indonesia berhubung dengan banyaknya gedung-gedung di Indonesia yang dapat dirangkul untuk mencapai efisiensi energi.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Sistem Manajemen Energi atau Energy Management System (EnMS), sensor, NodeMCU ESP8266, Internet of Things (IoT), real time
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Engineering Physics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:12
Last Modified: 14 Feb 2023 12:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23159

Actions (login required)

View Item View Item