Implementasi Sistem Automasi Deployment Aplikasi menggunakan GitLab Continuous Integration/Continuous Deployment (CI/CD) di PT. ASD.

Santo, Andrian (2022) Implementasi Sistem Automasi Deployment Aplikasi menggunakan GitLab Continuous Integration/Continuous Deployment (CI/CD) di PT. ASD. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Teknologi dapat menjadi solusi untuk membantu proses bisnis agar kinerja karyawan menjadi lebih efisien dan optimal. Tetapi, dalam penerapan dan pe- ngembangan teknologi sering kali terjadi kesalahan yang disebabkan oleh sumber daya manusia, khususnya saat melakukan deployment aplikasi ke server. Proses deployment aplikasi ke server membutuhkan waktu konfigurasi yang cukup lama, terlebih lagi apabila adanya konflik antar aplikasi ketika melakukan deployment. Selain itu, developer juga harus melakukan proses konfigurasi yang sama apabila ingin melakukan perpindahan aplikasi ke server yang lainnya. Untuk menghin- dari hal tersebut, PT ASD mengembangkan sebuah proyek infrastruktur aplikasi untuk menerapkan sebuah sistem automasi deployment menggunakan Docker dan Gem Capistrano dengan GitLab Continuous Integration/Continuous Development (CI/CD). Dengan sitem automasi deployment yang dikembangkan tersebut, dapat membantu proses penerapan dan pengembangan teknologi pada aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh PT ASD menjadi lebih mudah dan efisien serta memper- mudah developer untuk menjalankan aplikasi pada komputer atau server manapun tanpa memikirkan konflik antar aplikasi yang ada serta tanpa harus melakukan kon- figurasi berulang-ulang.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Deployment, Continuous Integration/Continuous Development, Git- Lab, developer
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Mar 2023 20:02
Last Modified: 25 Aug 2023 05:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23417

Actions (login required)

View Item View Item