Implementasi Fitur Gamifikasi pada Modul Aplikasi Berbasis Web HCBPedia di PT Telekomunikasi Selular

Margery Eustacia, Clara (2022) Implementasi Fitur Gamifikasi pada Modul Aplikasi Berbasis Web HCBPedia di PT Telekomunikasi Selular. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat kemajuan teknologi dituntut untuk dapat memfasilitasi manusia supaya dapat beraktivitas seperti sedia kala namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Hingga saat ini, sebagian besar aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah dapat dilakukan di rumah dengan bantuan teknologi. PT Telekomunikasi Selular dengan nama merek dagang Telkomsel khususnya pada divisi Human Capital Management melihat teknologi sebagai peluang untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas karyawannya. Pihak Human Capital Business Partner di PT Telekomunikasi Selular ingin menyediakan platform berbasis web di mana para karyawan dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman serta dapat saling berinteraksi satu sama lain di dalam platform tersebut. Platform yang akhirnya bernama HCBPedia tersebut diharapkan juga dapat menjadi wadah untuk berbagi informasi penting yang pada awalnya perolehan informasi penting tersebut harus melalui proses yang belum terdigitalisasi. Untuk menarik minat karyawan supaya mau menggunakan HCBPedia, dilakukan implementasi fitur gamifikasi yang berupa sistem pemberian poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah. Pembangunan modul aplikasi HCBPedia dibangun atas rancangan mock-up yang dibuat berdasarkan hasil analisis requirement. Modul aplikasi berbasis web tersebut dibangun dalam bahasa PHP dan menggunakan framework Yii2. Pada akhirnya, pembangunan modul aplikasi HCBPedia berjalan dengan lancar dan berhasil memenuhi requirement yang ada sehingga dapat memuaskan pihak Human Capital Business Partner sebagai user dari aplikasi.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: aplikasi berbasis web, digitalisasi, gamifikasi, pandemi, PHP, PT Telekomunikasi Selular, Telkomsel, Yii2
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Mar 2023 23:02
Last Modified: 18 Aug 2023 05:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23448

Actions (login required)

View Item View Item