Penerapan Framework COBIT 5 dalam Pengukuran Tingkat Kapabilitas di Puskesmas Kutabumi

Adjie Nugraha, Farhan (2023) Penerapan Framework COBIT 5 dalam Pengukuran Tingkat Kapabilitas di Puskesmas Kutabumi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas Kutabumi adalah organisasi pemerintah yang berkiprah di bidang kesehatan. Pengukuran kapabilitas ini dilakukan agar Puskesmas mengetahui adanya kekurangan dalam tata kelola perusahaan yang masih belum terintegritas dengan benar. Sehingga apabila didiamkan saja akan menjadikan atau menimbulkan sebuah risiko pada TI yang ada pada Puskesmas. Untuk mengurangi masalah tersebut maka dilakukan sebuah pengukuran tingkat kapabilitas untuk tata kelola teknologi informasi dengan menggunakan framework COBIT 5 sebagai acuannya dan didukung dengan adanya data kuantitatif. Hal pertama yang dilakukan dengan melakukan wawancara kepada staf yang bekerja di Puskesmas Kutabumi dalam pengumpulan data yang dibutuhkan. Domain yang akan diproses yaitu DSS01 ­ Manage Operations, DSS03 ­ Manage Problems, DSS05 ­ Manage Securiy Services, dan DSS06 ­ Business Process Control. Hasil yang diperoleh setelah melakukan pengukuran tingkat kapabilitas di Puskesmas Kutabumi, di mana Domain DSS01 dan DSS05 berhenti di level 2 yang belum mencapai target level yang diinginkan. Dan DSS03 dan DSS06 berhenti di level 3 yang sama belum juga mencapai target level yang diinginkan. Hasil yang didapat untuk menentukan level yang didapat untuk tingkat kapabilitas dalam tata kelola teknologi informasi. Serta memberikan rekomendasi kepada Puskesmas Kutabumi agar dapat meningkatkan level kapabilitasnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Audit Sistem Informasi, COBIT 5, Tingkat Kapabilitas
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures > 344.04 Public Health
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:02
Last Modified: 03 Jul 2023 08:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23486

Actions (login required)

View Item View Item