Evaluasi Kondisi Kualitas Udara dalam Ruangan Perpustakaan Kampus UMN sebagai Upaya untuk Menghadapi Era Kenormalan Baru (Studi Kasus Kawasan Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Perpustakaan Lantai 1)

Sulaiman S, Bhagaskoro (2023) Evaluasi Kondisi Kualitas Udara dalam Ruangan Perpustakaan Kampus UMN sebagai Upaya untuk Menghadapi Era Kenormalan Baru (Studi Kasus Kawasan Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Perpustakaan Lantai 1). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan area yang sering dikunjungi oleh para mahasiswa selama mereka masih berada dalam ruangan kampus. Perpustakaan di kampus umumnya digunakan untuk mengerjakan tugas, mencari informasi, mengembangkan minat dan bakat, sarana rekreasi, serta tempat bergaul bagi para penggunanya. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kualitas udara pada perpustakaan UMN, apakah para pengunjung nyaman dengan kualitas udara tersebut, dan memberikan saran terkait kualitas udara yang sesuai menurut standar yang berlaku yakni ASHRAE 62.1. Serta mengetahui apakah udara di perpustakaan cenderung kering atau netral menurut pengunjung dengan ASHRAE 55.5 sebagai acuannya. Hasil pengukuran, monitoring, dan survei menunjukkan bahwa perpustakaan UMN dapat menampung pengunjung dengan baik berdasarkan standar SNI 03-6572-2001 dan ASHRAE 62.1. Sebanyak 67.9% pengunjung menyatakan bahwa udara di perpustakaan terbilang sejuk. Berdasarkan parameter yang diukur, kenyamanan termal pada perpustakaan UMN masih berada dalam rentang standar yang digunakan yaitu 24~26ºC untuk temperatur dan 45%~65% untuk kelembaban udara. Menurut survei yang dilakukan, sebanyak 86,5% pengunjung menyatakan bahwa kelembaban pada lantai 1 perpustakaan UMN sudah memadai. Nilai tersebut didapatkan dari 20,9% kering dan 65,6% yang menyatakan netral.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perpustakaan , kualitas udara, kenyamanan, pengunjung, ASHRAE
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Engineering Physics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:04
Last Modified: 09 Mar 2023 10:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23492

Actions (login required)

View Item View Item