Pengukuran Tingkat Kapabilitas Human Resource, Supplier, dan Resource Optimisation Menggunakan Framework COBIT 5 pada PT Inovasi Dunia Gim

Leonard, Leonard (2023) Pengukuran Tingkat Kapabilitas Human Resource, Supplier, dan Resource Optimisation Menggunakan Framework COBIT 5 pada PT Inovasi Dunia Gim. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengukuran tingkat kapabilitas tata kelola TI menggunakan framework COBIT 5 pada PT. Inovasi Dunia Gim khususnya pada domain EDM04, APO07 dan APO10. PT. Inovasi Dunia Gim adalah perusahaan yang bergerak di bidang marketplace gaming. Pengukuran ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan pada tata kelola di perusahaan seperti service supplier di perusahaan tidak menyelesaikan tugasnya tepat waktu, perusahaan memilih calon vendor berdasarkan koneksi dibandingkan vendor yang memiliki kredibilitas yang baik dan skill sumber daya manusia di perusahaan belum sepenuhnya merata. Untuk menanggulangi masalah tersebut, dibutuhkan tata kelola yang baik dengan mengacu yang sudah memiliki standar internasional agar dapat mengatasi permasalahan di atas yaitu COBIT 5. Tahap awal adalah dengan melakukan pengumpulan data dan informasi dari perusahaan dengan mewawancarai CEO/Owner secara langsung. Domain yang dipilih dari COBIT 5 adalah EDM04, APO07, dan APO10. Hasil dari pengukuran tingkat kapabilitas tata kelola TI pada PT. Inovasi Dunia Gim menggunakan framework COBIT 5.0 dengan 3 proses domain yaitu EDM04, APO07, dan APO10 melalui wawancara oleh pihak perusahaan menunjukan bahwa seluruh proses hanya mencapai level 1, sedangkan target yang ditentukan oleh perusahaan yaitu level 2. Oleh karena itu, rekomendasi-rekomendasi telah diberikan untuk melakukan perbaikan ataupun pengembangan untuk kedepannya agar tingkat kapabilitas tata kelola di perusahaan dapat mencapai target yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: APO (Allign, Plan, Organize), COBIT 5, EDM (Evaluate, Direct, Monitor), PT. Inovasi Dunia Gim, dan Tata Kelola TI.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:06
Last Modified: 18 Jul 2023 07:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23501

Actions (login required)

View Item View Item