Peran VFX Artist dalam Post Production House the Organism pada Proyek Feature Film, Music Video dan Iklan

Praditya Husni, Reonaldi (2021) Peran VFX Artist dalam Post Production House the Organism pada Proyek Feature Film, Music Video dan Iklan. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Kebutuhan akan visual effect di Indonesia semakin meningkat. Hal ini juga didukung dengan banyaknya film-film Indonesia yang berhasil menerapkan visual effect ke dalam film dengan baik. Meskipun demikian profesi sebagai visual effect artist di Indonesia masih kurang diminati. Hal ini yang mendorong penulis untuk terjun ke bidang tersebut. Di semester 7 masa perkuliahan penulis berkesempatan untuk menjalankan program magang. Penulis memilih The Organism sebagai tempat magang. The Organism dipilih karena telah banyak terlibat dalam proyek film, music video dan iklan ternama. Selama melakukan kerja magang, penulis paling banyak mengerjakan compositing. Di dalam compositing sendiri terdapat beberapa teknik yang perlu dikuasai seperti, tracking, rotoscoping, matte painting dan color correct. Selain mengerjakan compositing penulis juga beberapa kali mendapat kesempatan untuk mengerjakan 3d modeling dan motion graphic. Penulis juga mengalami beberapa kendala ketika magang yaitu, adanya perbedaan software yang penulis kuasai dengan software yang digunakan di The Organism. Hal ini mengharuskan penulis untuk mempelajari software yang digunakan di The Organism. Di dalam proses bekerja penulis dituntut unutk mengikuti workflow yang ada. Workflow disepakati bersama untuk membuat pekerjaan jadi lebih efisien.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Compositing, Film, Visual Effect, Workflow
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 23:02
Last Modified: 06 Oct 2023 01:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23617

Actions (login required)

View Item View Item