Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 pada PT XYZ

Putra, Deva (2023) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 pada PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT XYZ adalah perusahaan industri yang ahli dalam produk garmen dengan menggunakan ragam jenis kain untuk memproduksi semua jenis garmen dari pakaian kinerja hingga pakaian tenun. Dalam penerapannya, PT XYZ menggunakan teknologi informasi bernama Erp System untuk menunjang kegiatan sehari hari. Teknologi informasi yang digunakan tidak jauh dari permasalahn yang memang tidak dapat dihindari. Permasalahan yang terjadi didalam PT XYZ seperti koneksi internet dan VPN terganggu / terputus, kerusakan perangkat keras komputer berupa mouse, keyboard, power supply, monitor, adapter wifi, dan Pemahaman user akan SOP teknologi informasi yang berlaku. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, COBIT 5 dipilih untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan melakukan evaluasi tata kelola TI yang ada untuk menghasilkan dan mengukur tingkat kapabilitas dan solusi atas permasalahan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan 3 proses yaitu APO01, APO12, DSS03 yang didapatkan dari hasil pemetaan visi,misi serta permasalahan yang dihadapi perusahaan. pengumpulan data yang dilakukan untuk mengukur 3 proses COBIT terpilih dengan melakukan wawancara kepada narasumber yaitu IT Manager, Accounting and Tax Manager serta staff yang bersangkutan. serta dengan melakukan studi pustaka mengenai COBIT 5 untuk mendapatkan nilai hasil kesenjangan serta tingkat kapabilitas sebagai pedoman rekomendasi. Hasil yang didapatkan yaitu tingkat kapabilitas PT XYZ ada di level 1 yaitu (performed process) dengan pencapaian nilai rata rata proses APO01 sebesar 80,34%. proses APO12 sebesar 72,76%, proses DSS03 sebesar 73,27%. Tingkat kesenjangan sebesar 1 level dengan perbandingan kondisi saat ini dengan kondisi yang diharapkan perusahaan, serta 10 rekomendasi yang diberikan kepada perusahaan dari hasil diskusi untuk memperbaiki serta mengembangkan tata kelola teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COBIT, GAP Analysis, Capability Level, Garment, Tata kelola Teknologi Informasi, Audit
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:07
Last Modified: 03 Aug 2023 01:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23682

Actions (login required)

View Item View Item