Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi pada Bagian Maintenance di PT XYZ Menggunakan Framework COBIT 5

Setiawan, Jeremy (2023) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi pada Bagian Maintenance di PT XYZ Menggunakan Framework COBIT 5. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tata kelola teknologi informasi adalah bagian dari manajemen organisasi yang mencakup kepemimpinan, struktur dan proses dalam suatu organisasi dan memastikan teknologi informasi mempunyai cakupan yang luas serta memiliki fokus pada kinerja dan juga transformasi teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Konsep information technology governance (IT Governance) merupakan metode pengelolaan pengguna teknologi in. PT. XYZ memberikan dan menyediakan kebutuhan IT dan memberikan solusi IT kepada pelanggan mulai dari hardware, software dan services. Masalah yang terjadi di dalam tata kelola teknologi informasi pada PT. XYZ, khususnya terjadi pada maintenance terkait POP atau Post Office Protocol yang merupakan internet protocol yang digunakan pada jaringan TCP/IP seperti internet. Menurut narasumber, hal ini dapat membuat perangkat menjadi sering rusak diakibatkan overheat, dan belumnya adanya suatu framework yang menjadi acuan dalam penggunaan tata kelola teknologi informasi, lalu penerapan standarisasi dari tata kelola TI pun masih belum diterapkan dengan kerangka kerja. Dalam penelitian ini, kerangka kerja yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan TI adalah COBIT 5 dan proses domain yang diteliti adalah EDM02 ­ Ensure Benefits Delivery, APO07 ­ Manage Human Resource, serta APO10 ­ Manage Suppliers yang dapat mengevaluasi tata kelola TI di PT. XYZ. Metode penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, studi literatur, dan tinjauan dokumen secara langsung untuk mengumpulkan data-data terkait kondisi dan kebutuhan TI pada perusahaan. Teori Gallegos digunakan untuk melakukan audit perusahaan mulai dari perencanaan, pemeriksaan lapangan, pelaporan dan tindak lanjut. Hasil penelitian ini didapatkan dari evaluasi tata kelola teknologi informasi PT. XYZ mendapatkan tingkat kapabilitas level 1 dengan pencapaian fully achieved namun tidak dapat naik pada tahapan selanjutnya yaitu level 2, sehingga menghasilkan gap analysis sejumlah 1 level dari target level yang diharapkan oleh perusahaan, dikarenakan masih memiliki temuan masalah pada setiap prosesnya sehingga diperlukan rekomendasi perbaikan agar dapat mencapai level target yang perusahaan ingin capai.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Kesengjangan, COBIT5, Kapabilitas level, Tata Kelola Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:08
Last Modified: 02 Aug 2023 07:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23869

Actions (login required)

View Item View Item