Pengaruh Strategi Pesan Kampanye #DiIndonesiaAja dalam Website Indonesia Travel terhadap Keputusan Berwisata di Masa COVID-19

Alya Amany, Farina (2023) Pengaruh Strategi Pesan Kampanye #DiIndonesiaAja dalam Website Indonesia Travel terhadap Keputusan Berwisata di Masa COVID-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia memiliki beragam keindahan alam, budaya, sejarah, wisata kuliner, serta destinasi wisata unik yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melakukan kegiatan berwisata. Dalam grafik PDB sektor pariwisata tahun 2020 terlihat penurunan yang cukup signifikan akibat pandemi COVID-19. Program kampanye #DiIndonesiaAja merupakan salah satu program terintegrasi yang diluncurkan pada Juni 2020 oleh Kemenparekraf yang bertujuan meningkatkan kembali kegiatan pariwisata untuk pemulihan ekonomi Indonesia. Penggunaan website oleh Kemenparekraf dimanfaatkan sebagai media pemasaran wisata sekaligus menunjukkan peningkatan kualitas e-government Indonesia. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pengaruh antara strategi pesan dengan keputusan berwisata serta seberapa besar pengaruh tersebut. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep strategi pesan, digital tourism marketing, dan keputusan berwisata. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif, menggunakan survei dengan kuesioner online kepada 312 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi pesan (X) mempengaruhi variabel keputusan berwisata (Y) sebesar 0,554 atau memiliki nilai 55,4% dan sisanya sebesar 44,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara strategi pesan kampanye #DiIndonesiaAja dalam website Indonesia.travel terhadap keputusan berwisata di masa COVID-19.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi Pesan, Digital Tourism Marketing, Website, Keputusan Berwisata
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:18
Last Modified: 14 Apr 2023 02:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23935

Actions (login required)

View Item View Item