Valentino Santoso, Albert (2021) Uses and Gratification Audiens dalam Menonton Series. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (938kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (150kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (387kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
Abstract
Kebiasaan yang umum dilakukan oleh audiens adalah menonton konten series dalam format episodic, sehingga menonton series sudah menjadi hal yang biasa dan dapat dianggap sebagai kudapan sehari-hari. Selain itu, audiens juga memiliki kebiasaan baru dalam menonton series yaitu binge-watching karena menjamurnya media yang menyediakan konten series. Penggunaan media dan pencapaian kepuasan dalam menonton series yang beragam menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Teori uses and gratification menjadi pedoman utama dalam penelitian ini. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui in-depth interview kepada audiens yang berbeda. Hasil yang didapatkan oleh peneliti mengenai uses and gratification audiens yakni; ketertarikan audiens dalam menonton series, series yang menarik bagi audiens, ketersediaan audiens dalam menggunakan media, sensasi dalam menonton series, sistem dalam perilisan series, dan asumsi audiens mengenai layanan streaming ilegal. Kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti adalah; (1) preferensi audiens berpengaruh terhadap kepuasan, (2) produsen series menerapkan preferensi audiens, (3) rasa kepuasan menonton dapat berkurang jika terbebani dengan penggunaan media, (4) kualitas series harus sesuai dengan ekspektasi calon penonton, (5) penerapan sistem season, episode, dan fase dapat dikaji lebih lanjut terkait penerapannya di Indonesia, serta (6) harga yang terjangkau dan kualitas produk mendorong audiens menggunakan platform legal.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Uses and gratification, Menonton, Series, Motivasi, Faktor penentu kepuasan |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Mar 2023 22:01 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 06:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24151 |
Actions (login required)
View Item |