Peran Videographer dalam Pengerjaan Video Kursus Online Kognisi di Kompas Gramedia

Caiyadi, Claudio (2022) Peran Videographer dalam Pengerjaan Video Kursus Online Kognisi di Kompas Gramedia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Peran teknologi sudah tidak bisa dimungkiri lagi di masa kini. Teknologi-teknologi ini sudah terbukti sangat membantu kehidupan sehari-hari kita. Di era new normal kini, kita diharuskan untuk menjaga jarak dan menjaga kesehatan masing-masing. Hal ini juga berpengaruh ke dunia kerja dan pendidikan, dimana kita diharuskan bekerja dari rumah, ataupun belajar dari rumah, secara online. Kognisi merupakan bagian dari Growth Center milik Corporate Human Resources dari Kompas Gramedia. Kognisi menyediakan berbagai macam video kursus online yang dapat membantu mengembangkan ilmu dan keterampilan para karyawan Kompas. Pada program magang ini, penulis mendapatkan posisi di Kognisi sebagai videographer. Sebagai videographer, penulis memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan shooting; merekam segala materi baik video dan audio, untuk sebuah video kursus. Videographer juga sekaligus bekerja sebagai video editor, yang memiliki tanggung jawab pada proses post-production dari sebuah kursus, yaitu mengedit mulai dari offline editing, online editing, hingga delivery. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi secara langsung. Laporan ini diharapkan dapat memberikan informasi baru dan memperluas pengetahuan pembaca, terutama dalam proses kerja seorang videographer dan juga video editor. Hasil penelitian menunjukkan proses kerja dan peran videographer dalam pengerjaan kursus online di Kognisi. Kesimpulan yang didapat adalah seorang videographer memiliki peran yang penting mulai dari proses production hingga post-production.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Growth Center, Kognisi, Kursus Online, Videographer, Video Editor
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Mar 2023 18:01
Last Modified: 30 Aug 2023 01:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24238

Actions (login required)

View Item View Item