Rancang Bangun Platform Internship Job Vacancies (Interncies) Berbasis Website sebagai Media Rekrutmen Mahasiswa Magang (Studi Kasus: Mahasiswa UMN)

Mae, Glenys (2023) Rancang Bangun Platform Internship Job Vacancies (Interncies) Berbasis Website sebagai Media Rekrutmen Mahasiswa Magang (Studi Kasus: Mahasiswa UMN). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan komputer dan internet tidak lagi hanya dibatasi untuk keperluan instansi tertentu saja, melainkan juga sebagai alat komunikasi sehari-hari. Di Indonesia sendiri, 73.7% dari total populasinya telah menggunakan internet untuk berbagai aspek kebutuhan hidup, di mana salah satunya adalah aspek untuk melengkapi kebutuhan pendidikan. Dalam kaitannya dengan kebutuhan di bidang pendidikan, masih terdapat kesulitan bagi mahasiswa terkhususnya mahasiswa asal Universitas Multimedia Nusantara untuk mencari tempat magang yang memenuhi persyaratan. Permasalahan ini kemudian diperkuat dengan pendapat yang dikemukakan oleh para mahasiswa melalui pengisian kuesioner ataupun wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah platform berbasis website yang berperan sebagai media penghubung antara perusahaan dan calon mahasiswa magang. Dengan berlandaskan metode SDLC Prototyping, proses perancangan website diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan serta merancang prototype agar feedback dari user hingga hasil akhir yang ingin diperoleh dapat tergambarkan secara jelas. Website dirancang menggunakan framework CodeIgniter, Bootstrap, serta sistem basis data MySQL yang pengelolaannya dijalankan menggunakan phpMyAdmin. Kehadiran website yang dirancang melalui penelitian ini membuka peluang baru bagi mahasiswa pencari lowongan magang sekaligus perusahaan penyedia lowongan magang untuk saling memenuhi kebutuhan masing-masing. Hasil rancangan website telah diuji menggunakan metode User Acceptance Test dan seluruh fitur dapat berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menjawab permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Magang, Platform Internship Job Vacancies, Prototyping, Website.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:04
Last Modified: 03 Aug 2023 04:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24335

Actions (login required)

View Item View Item