Perancangan Ulang Identitas Visual Kerupuk Sambal Cap Bawang Khas Sibolga

Elroy Joshua Doli Simanjuntak, Aldre (2023) Perancangan Ulang Identitas Visual Kerupuk Sambal Cap Bawang Khas Sibolga. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kerupuk sambal yang terbuat dari singkong mulai diminati oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2010. Permintaan pasar terhadap singkong pun meningkat karena adanya merek-merek lokal yang mulai menawarkan produk di pasar swalayan. Kerupuk Sambal Cap Bawang merupakan salah satu merek kerupuk singkong di kota Sibolga dan sudah ada sejak tahun 1987, dipelopori oleh Ny Kang Kiong Kin. Keunikan dari kerupuk sambal ini, yakni disajikan dengan cara ditumbuk, beserta saus atau bumbu yang merekatkan antar serpihan kerupuk, dan diselipkan ikan teri didalamnya. Ikan menjadi perlambang nilai khas dari kota Sibolga, kota penghasil ikan. Keberadaan Kerupuk Sambal Cap Bawang sebagai pelopor sejak tahun 1987 menghasilkan karyawan-karyawan yang kemudian membuka usaha pada bidang yang sama, sehingga terdapat kompetitor-kompetitor dari merek ini. Tanpa disadari, keberadaan kompetitor-kompetitor memudarkan citra Kerupuk Sambal Cap Bawang karena memiliki identitas visual yang serupa, sehingga tidak ada diferensiasi yang menonjol dari Kerupuk Sambal Cap Bawang. Penggunaan identitas visual Kerupuk Sambal Cap Bawang pun belum konsisten. Wujud dari identitas visualnya juga belum menyesuaikan selera masyarakat. Melalui tugas akhir ini, penulis merancang identitas visual yang baru bagi Kerupuk Sambal Cap Bawang. Identitas visual ini mampu menggambarkan tekstur dan rasa produk yang akhirnya tidak hanya mengangkat dan memperluas merek, tetapi juga mengangkat kota Sibolga yang direpresentasikan oleh merek Kerupuk Sambal Cap Bawang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kerupuk Sambal, Perancangan Ulang, Identitas Visual, Cap Bawang
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:04
Last Modified: 05 Sep 2023 01:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24337

Actions (login required)

View Item View Item