Rancang Bangun Google Analytics pada Website MyTelkomsel: Studi Kasus PT. Phincon

Firmansyah, Aries (2022) Rancang Bangun Google Analytics pada Website MyTelkomsel: Studi Kasus PT. Phincon. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

MyTelkomsel merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan internet. Proyek situs MyTelkomsel dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna menge- nai layanan internet seperti menyediakan paket data, dan lain sebagainya. Untuk dapat melihat report dari aktivitas dan perilaku pengguna atau pengunjung web- site, melihat kepadatam trafik, dan juga memudahkan pihak MyTelkomsel untuk dapat menganalisis kebutuhan pengguna. Pada Website MyTelkomsel mempunyai banyak sekali pengunjung yang mengunjungi website MyTelkomsel seperti un- tuk membeli pulsa, kuota internet, dan lain sebagainya karena memang mereka merupakan pengguna dari provider tersebut. Dengan banyaknya pengunjung yang mengunjungi website MyTelkomsel, maka dari itu dibutuhkan sebuah Google An- alytics atau berupa report untuk website tersebut agar dapat mengetahui hala- man manakah yang paling sering di kunjungi oleh pengguna, atau aktivitas apa yang di lakukan oleh pengguna ketika mengunjungi website MyTelkomsel. Google Analytics merupakan sebuah layanan dari Google yang bersifat gratis dan digu- nakan untuk dapat mengetahui sebuah statistik aktivitas pengguna atau pengunjung dari sebuah website. Google analytics dapat mengumpulkan data dan juga infor- masi secara realtime berdasarkan aktivitas dari pengunjung website. Data yang dipreroleh berupa lokasi, aktivitas pengguna, jenis kelamin, jenis perangkat yang digunakan, dan lain sebagainya. Data tersebut dapat digunakan untuk menganalisis kenaikan ataupun penurunan dari produktivitas perusahaan. Dengan data realtime yang didapat, tentunya hal tersebut dapat memudahkan pihak MyTelkomsel dalam penyusunan laporan secara berkala. Dengan menggunakan Google Analytics juga terdapat keywords apa saja yang mengarah pada website tersebut, kepadatan trafik, seberapa sering pengunjung mengakses halaman pembelian internet pada website MyTelkomsel, dan lain sebagainya. Input yang dimasukkan dibuat berdasarkan kebutuhan pelanggan atau dari pihak MyTelkomsel. Website MyTelkomsel dibuat tentunya untuk memudahkan para pengguna dari provider tersebut untuk mengak- ses layanan dari MyTelkomsel melalui sebuah website, dan juga aplikasi mobile. Proyek MyTelkomsel dibuat menggunakan framework ReactJS, dan juga Meterial- UI. Situs MyTelkomsel hingga saat ini terus dikembangkan oleh para developer un- tuk memenuhi kebutuhan pengguna ketika mengakses situs tersebut.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Google Analytics, MyTelkomsel
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 12:29
Last Modified: 23 Aug 2023 05:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24528

Actions (login required)

View Item View Item