Pelaksanaan Tax and Accounting Services di GCK Consulting (PT. Godiva Caraka Konsultama)

Anggana Anindita, Cornellia (2022) Pelaksanaan Tax and Accounting Services di GCK Consulting (PT. Godiva Caraka Konsultama). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Pelaksanaan kerja magang dilakukan di GCK Consulting sebagai tax and accounting intern dari tanggal 20 Desember 2021 sampai 30 April 2022. Klien yang ditangani, yaitu : PT. LSP, CV. KA, PT. ONE, CV. SC, PT.RBI, PT.BSK, dan CV. BL. Selama kerja magang, pekerjaan yang dilakukan adalah membuat laporan keuangan PT. BL Tahun 2021, merekap rekening koran, menghitung PPh UMKM (PP 23 Tahun 2018), membuat rekapitulasi realisasi cost atau buku besar klien dengan laporan keuangan yang dibuat, melakukan aktivasi EFIN atau lupa EFIN ke KPP, membuat dan melaporkan SPT Orang Pribadi dan Badan melalui e-form, membuat perhitungan dan pelaporan pajak bulanan seperti: PPh pasal 4(2), 21, 22, 23, dan 25, lalu mengarsip semua dokumen yang diperlukan seperti bukti potong, SPT Induk dan bukti pelaporan SPT masa. Sebagian besar pekerjaan dilaksanakan sudah sesuai selama kerja magang. Namun terdapat kendala yang dihadapi selama pelaksanaan kerja magang, antara lain: terdapat beberapa transaksi uang masuk atau uang keluar di rekening koran yang tidak memiliki keterangan transaksi saat melakukan input rekening koran, gagalnya import PPh tidak final karena file csv yang diunggah, terjadi error saat mengunduh bukti potong PPh 21 lebih dari 20 kali di e-SPT, klien yang mengirimkan data terlalu dekat dengan hari terakhir pembayaran pajak, dan sering terjadi error saat membuat kode billing, unggah SPT PPh 21, SPT PPh 4 (2) , SPT Orang Pribadi, SPT Tahunan Badan, memasukkan e-bupot PPh 23 melalui website DJP Online karena server down, dan klien yang menginginkan beberapa transaksi untuk di take out atau dihilangkan dalam pencatatan dan perpajakan. Solusi atas kendala yang dihadapi selama pelaksanaan kerja magang, antara lain: meminta keterangan rekening koran pada klien, melakukan import ulang PPh 21 tidak final dengan file csv yang telah diubah, menutup e-SPT dan membuka kembali e-SPT, melakukan pengingatan kembali secara berkala kepada klien untuk mengirimkan data sebelum tanggal 10, mencoba kembali melalui incognito window atau clear cache atau menunggu beberapa saat dan melaporkan SPT kembali di DJP Online, dan memberikan saran kepada klien dalam meminimalisir biaya yang besar pada perusahaan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Laporan Keuangan, Perpajakan, Pelaporan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.46 Tax Accounting
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.46 Management Consulting
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 13:00
Last Modified: 02 Jun 2023 03:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24542

Actions (login required)

View Item View Item