Peran Marketing 4P terhadap Brand Decision Produk Rokok di Generasi Milenial & Z di Kota Jambi yang Dimediasi oleh Perception

Chandra Dewanto, Christoforus (2022) Peran Marketing 4P terhadap Brand Decision Produk Rokok di Generasi Milenial & Z di Kota Jambi yang Dimediasi oleh Perception. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kementerian keuangan telah mengeluarkan PMK Nomor 192/PMK.010/2021 tentang "Tarif Cukai Hasil Tembakau", peraturan tersebut mengatur mengenai penentuan tarif cukai rokok dan harga jual eceran (HJE). Salah satu alasan pemerintah menaikan tarif cukai hasil tembakau yaitu agar masyarakat mengurangi konsumsi rokok. Penelitan ini difokuskan pada konsumsi rokok oleh beberapa generasi yang ada di Kota Jambi yaitu generasi X yang lahir pada rentan tahun antara 1965 ­ 1980, Gerasi Milenial yang lahir pada rentan usia 1981 ­ 1996 dan Generasi Z yang lahir pada rentan usia 1997 ­ 2012. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah perception masyarakat terhadap rokok dapat dipengaruhi oleh teori marketing 4P (Product, Price, Place dan Promosi) yang banyak diterapkan oleh perusahaan rokok untuk menentukan produk rokok dari brand apa yang akan dikonsumsinya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan Teknik analisis data Partial Least Square Structural Equation Modeling atau PLS-SEM menggunakan software Smart PLS 3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 variabel teori 4P yang diterapkan perusahaan rokok, hanya 1 variabel yaitu price yang tidak berpengaruh langsung dan signifikan terhadap perception masyarakat terhadap rokok. Variabel lainnya yaitu product, place dan promotion berpengaruh langsung dan signifikan terhadap perception masyarakat terhadap rokok dalam mempengaruhi keputusan masyarakat mengkonsumsi produk dari suatu brand. Penelitian ini masih memiliki beberapa batasan yaitu penelitian belum terlalu luas ke semua outlet dan responden yang dapat mewakili semua segemen masyarakat, dan juga penelitian dapat difokuskan ke salah satu pabrikan rokok. Penelitian ini dapat digunakan pabrikan rokok dalam menentukan kebijakan promosi perusahaan agar dapat lebih tepat sasaran sesuai dengan target marketnya.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: cukai, rokok, market segmen, 4P, perception, brand decision
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:59
Last Modified: 15 Mar 2023 11:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24750

Actions (login required)

View Item View Item