Jaringan Penularan Emotional pada Viral Emotional pada Viral Marketing: Studi Netnografi pada Iklan Pantene Miracles Hair Supplement

Bertha Vistika Putri, Fransisca (2023) Jaringan Penularan Emotional pada Viral Emotional pada Viral Marketing: Studi Netnografi pada Iklan Pantene Miracles Hair Supplement. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Awal Januari 2022, Pantene Indonesia membuat gebrakan pada iklan produk perawatan rambutnya yaitu menggunakan model pria, Keanu Angelo Padahal selama ini Pantene dikenal sebagai merek perawatan rambut yang menggunakan model-model wanita pada iklannya. Dalam iklan ini, tampak bahwa Pantene menonjolkan peran gender dan humor. Hal ini yang mendorong iklan menjadi viral. Viralitas iklan Pantene tidak lepas dari penularan emosional sehingga orang berkomentar di dalam akun Youtube Pantene Indonesia. Penelitian ini ingin melihat bentuk jaringan komunikasi penularan emosional sekaligus proses penularan emosional tersebut sehingga menghasilkan iklan yang viral. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode netnografi untuk melihat budaya di dalam dunia digital yang terbentuk dari komentar-komentar di Iklan Pantene Miracles Hair Suplement pada Youtube Pantene Indonesia. Konsep yang digunakan peneliti adalah viral marketing, penularan emosional, humor dan peran gender. Dari penelitian tersebut tampak bahwa ketika iklan yang menggabungkan peran gender dan humor dapat menghasilkan tanggapan positif yang ditandai dengan tawa dan rasa senang, tetapi sebagian kecil netizen menunjukan tanggapan negatif pada. Jaringan yang terbentuk adalah jaringn komunikasi penularan emosional positif dan negatif, jaringan komunikasi gender positif dan negatif, jaringan komunikasi humor positif negatif. Sementara itu, penularan emosional terbentuk lantaran daya tarik relevansi, produk, kepercayaan, motivasi dan juga ilusi sehingga orang tertarik pada iklan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: penularan emosional, viral marketing, peran gender, humor
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 10:03
Last Modified: 15 Mar 2023 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24766

Actions (login required)

View Item View Item