Laporan Kegiatan Magang di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Periode: 1 Juli 2022-30 November 2022 Perancangan Desain Karakter Child-Friendly untuk Film Animasi 2D "Pesut, Siut!"

Athya Latisha Masyhur, Bilqis (2023) Laporan Kegiatan Magang di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Periode: 1 Juli 2022-30 November 2022 Perancangan Desain Karakter Child-Friendly untuk Film Animasi 2D "Pesut, Siut!". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kreatif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat karena beberapa faktor, seperti perkembangan teknologi yang sekarang lebih digunakan oleh masyarakat dan perubahan nilai-nilai yang dialami oleh generasi muda. Industri tersebut terdiri dari 16 subsektor, salah satunya adalah animasi, khususnya produksi film animasi dan acara televisi yang telah menyebabkan tumbuhnya minat terhadap media tersebut, dan saat ini telah ada lebih banyak upaya untuk memaksimalkan potensinya secara lokal. Salah satu perusahaan yang telah terlibat pada fenomena ini adalah Badan Bahasa, tujuan utama mereka dalam konteks ini adalah untuk menggunakan animasi sebagai alat untuk pendidikan dan pelestarian budaya di Indonesia melalui modernisasi untuk demografi yang lebih muda. Selama magang, penulis bekerja dalam tim sebagai Lead Character Designer untuk proyek film "Pesut Siut!", sebuah film animasi yang diadaptasi dari cerita rakyat "Legenda Pesut Mahakam", dan belajar tentang berbagai fase produksi film dan mendapatkan pengalaman dalam hal terkait dengan desain tokoh dalam sebuah lingkungan kerja. Kajian ini merinci pengalaman penulis dari tantangan, proses kerja, dan saran untuk semua pihak relevan yang telah dapatkan selama masa magang.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Animasi, Badan Bahasa, cerita rakyat, desain tokoh, modernisasi Kerja Desainer Tokoh ..., Bilqis Athya Latisha Masyhur, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 743 Drawings by Subject > 743.4 Drawing Human Figures
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 15:29
Last Modified: 29 Aug 2023 01:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24836

Actions (login required)

View Item View Item