Pemograman untuk Pengambilan dan Penempatan Tiga Objek Berbeda pada Lengan Robot ABB IRB 6700

Lie, Jimmy (2023) Pemograman untuk Pengambilan dan Penempatan Tiga Objek Berbeda pada Lengan Robot ABB IRB 6700. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

PT LG Electronics Indonesia Tangerang yang berada di daerah Legok merupakan perusahaan yang berfokus dalam memproduksi kulkas. Kegiatan produksi sudah menerapkan konsep semi-automated dengan penggunaan PLC Mitsubishi untuk sistem kendalinya. Adanya penerapan sistem otomasi ini menjadi salah satu alasan pemilihan PT LG Electronics Indonesia Tangerang sebagai tempat magang. Alasan lainnya adalah jarak yang tidak jauh dengan tempat tinggal dan cukup dikenal di kalangan masyarakat. Di PT LG Electronics Indonesia Tangerang, magang dilakukan dari 11 Juli sampai 10 Desember. Selama proses magang, ada perencanaan proyek yang ingin dihasilkan, yaitu memprogram lengan robot ABB IRB 6700 untuk memindahkan tiga objek berbeda. Objek dapat diletakkan pada sisi atas atau bawah dari meja dua tingkat sesuai dengan perintah yang diberikan. Perintah didapat dari input HMI komputer yang sudah terkoneksikan dengan PLC Mistubishi tipe Q06H. Lengan robot juga terkoneksi dengan PLC yang sama dan memanfaatkan output sebagai perintah pergerakannya. Kendala yang dihadapi dalam pengerjaan proyek adalah FlexPendant untuk menggerakkan lengan robot suatu waktu mengalami error yang membuat lengan robot tidak dapat digerakkan, serta pelepasan dan pemasangan kembali vacuum dapat merubah posisi pengambilan dan penempatan tiga objek. Solusi yang dilakukan adalah melakukan restart berulang kali pada FlexPendant dan modifikasi ulang posisi yang mengalami perubahan yang signifikan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: PT LG Electronics Indonesia Tangerang, Semi-automated, Lengan Robot, PLC, HMI Komputer, FlexPendant 6 Pemograman untuk Pengambilan dan ... , Jimmy Lie, Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Electrical Engineering
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 21:29
Last Modified: 15 Mar 2023 22:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24911

Actions (login required)

View Item View Item