Optimalisasi cash flow pada DIVISI FINANCIAL di PT ITU AIRCONCO

Andreas, Julian (2023) Optimalisasi cash flow pada DIVISI FINANCIAL di PT ITU AIRCONCO. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

PT ITU Airconco adalah pabrikan AC Sentral pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1979, dan mengirimkan produk pertamanya pada tahun 1982. Sejak produksi dimulai, produk-produk ITU telah dipasang di lebih dari 950 bangunan komersial dan pemerintahan besar serta keperluan industri. ITU Airconco dimulai dan dikembangkan di bawah lisensi dari York Borg Warner, Inc., USA (sekarang York International, USA) sejak tahun 1982 selama lebih dari sepuluh tahun. Setelah itu, PT ITU Airconco mengembangkan desain, produk dan produksinya sendiri sebagai Perusahaan Nasional. Lebih lanjut di dalam PT ITU Airconco terdapat peran divisi finance yang bertanggung jawab dalam pencarian, pengalokasian, pengelolaan, serta melakukan pembayaran untuk perusahaan. Bukan hanya itu, divisi finance-nya juga berperan penting dalam mengatur kebutuhan uang kas perusahaan, lalu memastikan pencatatan sesuai dengan yang dilakukan oleh divisi accounting sehingga bisa membuat alur cash flow perusahaan terkendali. Selama magang di PT ITU Airconco, penulis ditempatkan di dalam divisi finance yang dimana berkesempatan untuk membantu pekerjaan staff finance dari membuat laporan BS, petty cash, tagihan supplier, dan lain - lain. Kesempatan inilah yang mendorong penulis untuk bisa mendapatkan pengalaman kerja dan menerapkan dari pembelajaran yang sudah didapatkan di Kampus UMN. Adapun salah satu kendala yang dialami selama praktik kerja magang ini adalah sistem kerja yang masih tradisional sehingga membuat karyawan kesulitan dalam mengatur penataannya. Oleh sebab itu, saran bagi perusahaan adalah membuat suatu software laporan keuangan sehingga dapat mempermudah pengkelompokan uang masuk dan keluar ke dalam beberapa kategori seperti manajemen utang piutang, financial planner, budget manajemen, dan lain - lain sebagainya. Kegunaan pengelompokkan berdasarkan beberapa kategori tersebut adalah mempermudah dalam menganalisis pengeluaran terbesar dan sistem pelaporan keuangan secara real-time dan akurat. Serta untuk perusahaan PT ITU Airconco sudah berjalan dengan etis yang dimana dapat dilihat dari tidak adanya karyawan yang tidak setuju dengan perarturan yang sudah dibuat oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Finance, kendala, solusi, tugas, etis
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.1 Organizations > 658.15 Financial Management
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Mar 2023 19:59
Last Modified: 02 Jun 2023 03:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25088

Actions (login required)

View Item View Item