Analisis Penerapan Teori Praise of Characters dalam Pembentukan Tokoh Ayah Dodo pada Film Miracle in Cell No.7 (2022)

Wangsa Angesti, Stefka (2023) Analisis Penerapan Teori Praise of Characters dalam Pembentukan Tokoh Ayah Dodo pada Film Miracle in Cell No.7 (2022). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis telah menganalisis bagaimana pembentukan karakter figur Ayah dibangun dalam sebuah film yang isu utamanya ialah seorang Ayah yang memiliki intellectual disability dan autism spectrum disability. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian secara kualitatif dan hal ini melibatkan analisis secara visual ini, dan studi pustaka yang berkaitan dengan topik penelitian dalam skripsi ini. Adapun teori-teori yang digunakan penulis, agar membuat penelitian pengkajian ini menjadi lebih sempurna, penulis telah menggunakan adanya teori pembentukan struktur karakter bersumber dari buku teori yang penulisnya yaitu Robert McKee. Pada teori ini yaitu pembentukkan karakter dengan istilah praise of characters, lalu dalam bagian ini ialah mengeksplorasi sumber inspirasi dari penemuan karakter dan menjabarkan pada pekerjaan dasar dengan membentuk sebuah bakat atau talents untuk menciptakan karakter/tokoh manusia fiksi yang dibayangkannya dengan luar biasa. Pada teori ini telah ditemukan sebanyak 34 adegan dalam pembahasan dalam skripsi ini. Lalu agar semakin melengkapi pembahasan dari skripsi pengkajian ini, penulis juga menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan intellectual disability dan autism spectrum disability yang sumber-sumbernya berasal dari jurnal yang terpercaya. Dengan demikian hasil penelitian yang telah penulis rancang tercipta suatu pandangan memperlihatkan film ini memiliki kekuatan dari segi pembentukan karakter seorang Ayah yang memiliki kekurangan, tetap mampu memberikan kasih sayang yang tulus.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Praise of Characters, Tokoh, Miracle in Cell no. 7
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:48
Last Modified: 18 Oct 2023 00:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item View Item