Perancangan Bentuk Wayang pada Tokoh Animasi 2d Legenda Keryanuna

Erika, Agnes (2023) Perancangan Bentuk Wayang pada Tokoh Animasi 2d Legenda Keryanuna. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kebudayaan indonesia yang terkenal yaitu kebudayaan kesenian. Budaya kesenian juga memiliki banyak jenisnya, salah satunya yaitu wayang. Wayang merupakan penampilan karya seni yang menggunakan sebuah bayangan. Wayang hanya memiliki satu sisi sebagai tampilan tokoh. Untuk membedakan satu tokoh dengan tokoh lainnya, wayang hanya mengandalkan silhouette dan shape. Ketentuan mendesain wayang terdiri dari tempilan muka, badan, pakaian atas, pakaian bawah, posisi kaki, wajah dan lain-lain. Ketika ingin menciptakan tokoh yang baru harus memperhatikan ketentuan-ketentuan tersebut. Untuk membuat desain wayang penulis menggunakan teknik studi pustaka. Penulis mencari sumber di internet maupun jurnal tentang pembahasan wayang yang sudah ada, kemudian penulis terapkan dalam mendesain karakter tersebut. Dalam pembahasan ini dipatokkan terhadap tiga karakter utama yaitu Laksmi Mahadewi tokoh protagonist, Indra Jakti tokoh antagonis, dan raksasa tokoh antagonis. Proses penciptaan melputi pencarian refrensi dari perwayangan asli dan tokoh dari komik Garudayana. Kemudian pembuatan sketsa yang menyangkup ketentuan wayang. Setelah itu penulis menghitamkan model, karena penulis ingin membuat seperti wayang asli. Penulis mengharapkan dengan tugas akhir ini, penulis maupun pembaca dapat mendapatkan cara mendesain tokoh dengan bentuk wayang kulit.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Wayang, design tokoh, silhouette dan shape
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Jun 2023 09:48
Last Modified: 05 Sep 2023 00:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item View Item