Pengaruh Subjective Norms dan EWOM (Electronic Word of Mouth) terhadap Perceived Brand Credibility serta Implikasinya pada Brand Equity Program Pertukaran Pelajar IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards)

Kelsey, Jovinka (2023) Pengaruh Subjective Norms dan EWOM (Electronic Word of Mouth) terhadap Perceived Brand Credibility serta Implikasinya pada Brand Equity Program Pertukaran Pelajar IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, pemerintah Indonesia perlu mengoptimalkan mutu pendidikan di tanah air, termasuk jenjang pendidikan tinggi. Dalam perguruan tinggi, salah satu program yang banyak dicari oleh mahasiswa adalah program pertukaran pelajar. Begitu banyaknya program pertukaran pelajar yang ada di Indonesia menyebabkan muncul persaingan yang semakin ketat, sehingga masing-masing program harus bisa mengelola ekuitas merek yang kuat agar dikenal oleh banyak orang. Salah satu program student exchange yang diadakan oleh pemerintah dinamakan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Dalam program ini, mahasiswa Indonesia akan mendapat beasiswa dari pemerintah untuk menjalani perkuliahan selama satu semester ke berbagai universitas terkemuka di luar negeri. Namun karena program ini masih baru, brand equity mereka pun juga masih rendah. Terdapat 3 dimensi pada brand equity, yaitu social image, performance, dan attachment. Beberapa faktor yang dapat menentukan brand equity adalah subjective norms, eWOM, dan perceived brand credibility. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah perceived brand credibility memediasi pengaruh subjective norms dan eWOM terhadap social image, performance, dan attachment. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 145 responden yang merupakan pria dan wanita berusia 18 tahun ke atas yang berdomisili di Indonesia dan pernah berpartisipasi sebagai peserta dari program pertukaran pelajar IISMA. Sementara itu, pengolahan data dilakukan dengan memanfaatkan software SPSS versi 25, LISREL versi 8.8, dan Macro PROCESS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived brand credibility memberikan efek mediasi yang signifikan pada pengaruh dari subjective norms dan eWOM terhadap social image, performance, dan attachment.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Brand equity, electronic word of mouth, IISMA, perceived brand credibility, subjective norms
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:48
Last Modified: 26 Jun 2023 01:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25468

Actions (login required)

View Item View Item