Pengaruh Value Interest, Social Value, dan Economic Value terhadap Intention to Apply pada Perusahaan Startup Gojek Telaah Jobseekers di Jabodetabek

Vanessa, Vanessa (2023) Pengaruh Value Interest, Social Value, dan Economic Value terhadap Intention to Apply pada Perusahaan Startup Gojek Telaah Jobseekers di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Gojek merupakan perusahaan startup Indonesia yang bergerak pada bidang fin-tech dan menjadi salah satu startup impian yang diincar Generasi Z dan Milenial. Employer Brand Attractiveness merupakan daya tarik yang ditawarkan oleh perusahaan sebagai branding untuk membangun identitas unik dan mendorong jobseekers bergabung diperusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai hubungan value interest, social value, dan economic value terhadap intention to apply pada perusahaan startup Gojek telaah jobseekers di Jabodetabek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pemilihan sampel dilakukan non-probability sampling dengan judgement sampling. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner online kepada 150 jobseekers Generasi Z dan Milenial yang berdomisili di Jabodetabek yang kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan value interest, social value, dan economic value berpengaruh terhadap terhadap intention to apply. Secara parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel independen pada penelitian yaitu value interest memiliki pengaruh positif terhadap intention to apply dengan nilai thitung> ttabel sebesar 4.340 > 1.655, social value memiliki pengaruh positif terhadap intention to apply dengan nilai thitung> ttabel sebesar 2.290 > 1.655 dan economic value memiliki pengaruh positif terhadap intention to apply dengan nilai thitung> ttabel sebesar 2.488 > 1.655. Berdasarkan hasil penelitian, Gojek harus memperhatikan dan meningkatkan value interest, social value, dan economic value yang dimiliki perusahaan. Terlebih untuk variabel value interest dan economic value yang memiliki hubungan positif tertinggi dibandingkan variabel lainnya, dengan menawarkan jenjang karir yang menjanjikan. Sehingga dapat menarik minat para jobseekers untuk melamar di Gojek.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Economic Value, Intention to Apply, Social Value, Value Interest
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jun 2023 09:46
Last Modified: 28 Jun 2023 05:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25483

Actions (login required)

View Item View Item