Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Hardware Komputer dengan Menggunakan Metode Forward Chaining

Oktawan, Valentino (2023) Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Hardware Komputer dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komputer diikuti pula dengan meningkatnya jumlah pengguna komputer di dunia. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna komputer, permasalahan kerusakan komputer menjadi masalah yang cukup rumit. Hal ini dapat dimaklumi mengingat banyaknya pengguna komputer yang kurang memiliki pengetahun tentang komputer, khususnya dalam menangani kerusakan komputer. Berdasarkan permasalahan tersebut, menunjukkan bahwa perlu adanya sebuah sistem pakar yang dapat membantu pengguna komputer dalam mendiagnosa kerusakan pada hardware komputer. Sistem pakar adalah program komputer atau sistem informasi yang berisi informasi dari satu atau lebih pakar manusia dalam bidang tertentu. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar ini adalah metode forward chaining. Metode forward chaining merupakaan sistem pelacakan ke depan dimulai dari sekumpulan fakta yang diberikan dan berkahir pada suatu kesimpulan. Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar diagnosa kerusakan hardware komputer terdiri dari beberapa tahapan, yaitu studi pustaka, studi lapangan, analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi sistem, uji coba sistem dan evaluasi, dan penulisan laporan. Pengembangan sistem pakar dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrogramman PHP dan database MYSQL. Berdasarkan hasil perhitungan terhadap perbandingan hasil uji coba dari pakar dengan hasil dari sistem pakar, didapatkan hasil akurasi terhadap website sistem pakar diagnosa kerusakan hardware komputer sebesar 94%. Berdasarkan hasil evaluasiatas kepuasan pengguna menggunakan metode EUCS, didapatkan hasil sebesar 88.31% yang berarti pengguna merasa puas terhadap website sistem pakar diagnosa kerusakan hardware komputer.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: End User Computing Satisfaction, Forward Chaining, Hardware, Komputer, Sistem Pakar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jun 2023 09:46
Last Modified: 28 Jun 2023 06:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25485

Actions (login required)

View Item View Item